IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » 115 Pejabat SKK Migas Kembali Dirotasi, Upaya Akomodasi 2014?

115 Pejabat SKK Migas Kembali Dirotasi, Upaya Akomodasi 2014?

Written By Unknown on Wednesday, 11 September 2013 | 19:54


Jakarta, indoPetroNews.com – Setelah melantik 36 pejabatnya setingkat kepala divisi dan deputi, Rabu (4/9) lalu, J Widjonarko, selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Selasa (10/9) kembali merotasi pejabatnya. Kali ini pejabat yang dirotasi Widjonarko  beberapa masih setingkat kepala divisi, kepala dinas, dan kepala sub dinas.

Dalam sambutannya, Widjonarko, sesuai dikutip mengatakan, perubahan organisasi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri hulu migas secara menyeluruh. “Kami fokus pada penegakan transparansi melalui perbaikan tata kelola organisasi,” katanya.


Menurutnya, sesuai amanah konstitusi, perubahan atas Undang-undang Migas perlu dilakukan untuk meluruskan pandangan migas adalah sumber daya alam strategis tidak terbarukan yang merupakan penyangga vital ketahanan energi nasional, dan bukan merupakan komoditi.


Namun apa yang dilakukan J Widjonarko, ditanggapi berbeda oleh Kepala Senat Fakultas School of Business and Management (SBM) ITB, Dr. Bambang Rudito, M.Sc, MA. Menurut Bambang, yang dihubungi indoPetroNews via telepon (11/9), apa yang dilakukan SKK Migas sekarang dengan melakukan pergantian pejabat secara besar-besaran hanya untuk mengakomodasi kepentingan pihak-pihak tertentu, yang ujung-ujungnya bermuara pada dana politik 2014.


Seharusnya lanjut Bambang, yang juga pengajar Mata Kuliah Business Ethic di kampus ITB tersebut, apabila SKK Migas ingin mengacu pada standard pergantian atau rotasi pejabat yang benar lakukan dulu assessment (pengkajian) secara benar, berdasarkan kompetensi dan carrier path  (jenjang karir) masing-masing. “Bukan lantaran ada satu pejabat yang bermasalah lantas semua pejabatnya diganti? Ini ada apa?, “ kata Bambang mempertanyakan.


Bambang juga menyoroti beberapa posisi yang menurutnya hanya menghambur-hamburkan uang negara, seperti adanya jabatan Spesialis Utama untuk membantu tugas-tugas deputi. “Ini untuk apa, kalau sebenarnya sebelumnya hanya cukup dilakukan setingkat kepala divisi. Bayangkan, negara harus mengeluarkan gaji untuk jabatan-jabatan setingkat kepala divisi dengan job description yang kurang jelas dan tidak bersifat definitif,” ungkapnya.


Sebelumnya, Lambok H. Hutauruk, Deputi Pengendalian Bisnis SKK Migas, pihak yang bertanggungjawab dalam urusan SDM, saat dihubungi indoPetroNews melalui telepon (4/9) mengatakan. “Jabatan Spesialis Utama bersifat fungsional, jadi ini bukan struktural dan berfungsi untuk membantu kerja-kerja deputi,” katanya.


Lambok menyangkal apabila jabatan Spesialis Utama dikatakan sebagai bentuk “kompromi” dengan mereka yang kini masih dinonaktifkan dan tengah menunggu pemeriksaan. “Apanya yang kompromi, kami tidak ada istilah kompromi,” tegasnya. “Yang pasti jabatan Spesialis Utama ini ada batas waktunya. Apabila dalam pro yustisia sudah dinyatakan selesai maka “jabatan baru” itu akan segera didefinitifkan,” sambungnya.


Bambang Rudito melihat, apa yang dilakukan pimpinan yang sekarang ini (melakukan rotasi)  juga tidak banyak artinya. “Seterusnya akan seperti itu, dari BP Migas bubar berubah, SKK Migas bermasalah berubah lagi, jadi semakin membenarkan dugaan banyak orang bahwa SKK Migas hanya menjadi tempat untuk mengakomodasi kepentingan  atau dana-dana partai politik,” pungkasnya.

Memang indoPetroNews juga mencatat, beberapa jabatan yang ada masih dirangkap-rangkap oleh seseorang. Di satu sisi menjabat sebagai Spesialis Utama Deputi tetapi di sisi lain juga menjabat sebagai kepala divisi. Bahkan hanya dalam hitungan 5 hari ada satu jabatan yang berubah. Seperti jabatan Susanah Kurniasih (Susan), VP Management Representative Pertamina Hulu Energi (PHE), mantan sekretaris Rudi Rubiandini yang sempat 'menghebohkan' itu, kemudian diganti menjadi Spesialis Utama Sekretaris Pimpinan. Ksr




Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login