IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Air Mata 5 Tahun untuk Deviardi

Air Mata 5 Tahun untuk Deviardi

Written By Indopetronews on Tuesday, 8 April 2014 | 18:09

indoPetroNews.com – Deviardi, yang dikenal sebagai pelatih pribadi golf Rudi Rubiandini, mantan Kepala SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi), hari ini, Selasa (8/4) menghadapi sidang tuntutan jaksa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Selatan. Ia dituntut 5 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum. Karena dinilai bersama-sama Rudi melakukan korupsi dan tindak pidana pencucian uang. Sebelumnya dalam sidang yang sama, Rudi telah dituntut selama 10 tahun penjara potong masa tahanan dan denda sebesar 250 juta rupiah.

Deviardi dituntut 5 tahun penjara potong masa tahanan dan denda uang sebesar 50 juta rupiah. “Jika tidak membayar maka akan diganti dengan denda kurungan selama tiga bulan,” kata Jaksa Riyono.

Usai mendengarkan tuntutan Jaksa, Deviardi tampak menangis, menolak berkomentar dan menghindar dari kejaran wartawan. Oleh Jaksa Penuntut Umum, Deviardi dinilai tidak mendukung upaya pemberantasan korupsi. Sementara hal-hal yang meringankan Terdakwa karena Deviardi berterus terang menyesali perbuatannya, membantu mengungkap tindak pidana lain, belum pernah dihukum, serta memiliki tanggungan keluarga.

Deviardi didakwa dengan pasal-pasal korupsi, yakni Pasal 12 huruf a dan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana juncto Pasal 65 ayat (1) KUHPidana.

Selain itu ia juga dianggap bersalah terkena dakwaaan dengan pasal pencucian uang, yakni  Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang pencegahan tindak pidana pencucian uang juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 65 ayat (1) KUHPidana.

Beberapa kegiatan yang dinilai membantu terdakwa Rudi terkait pidana pencucian uang karena telah ikut membantu mentransfer, menyetorkan uang secara tunai, mengalihkan, membelanjakan, menempatkan dan mengubah bentuk harta yang diduga berasal dari tindak pidana korupsi. UM/UG
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login