IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Indonesia Berniat Kembali Menjadi Anggota OPEC

Indonesia Berniat Kembali Menjadi Anggota OPEC

Written By Unknown on Thursday, 7 May 2015 | 16:26

indoPetroNews.com - Dalam waktu dekat Indonesia akan menjadi anggota Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC). Hal tersebut dikatakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, disela acara pelantikan pejabat eselon I dan II, di kantor ESDM, Jakarta, Kamis (7/5).

Menurut Sudirman, Indonesia butuh informasi perkembangan harga minyak di pasar dunia. Maka ia akan mengupayakan agar Indonesia kembali menjadi anggota OPEC. Diketahui Indonesia pernah menjadi anggota OPEC dan keluar dari keanggotaan pada 2008 lalu.

"Saya juga sedang pertimbangkan ingin kembali aktif dalam OPEC. Karena kita keluar, dinamika pasar kita tidak tanggap dengan cepat," tegasnya.

Kembali masuknya Indonesia menjadi anggota OPEC, diakui Sudirman, juga nantinya dinilai mampu meminimalisir terjadinya praktik spekulan dalam pengadaan minyak untuk Indonesia. Pasalnya, Indonesia sebagai negara pembeli (importir) tentu akan semakin dekat dengan negara penjual (eksportir) minyak.

"Kalau kita bergaul dengan mereka, kita semakin dekat dengan market ya semakin bagus. Celah (spekulan minyak) jarang muncul antara pembeli dan penjual," ujarnya.

Kendati produksi miny‎ak dan gas Indonesia sudah semakin minim, namun menurutnya, Indonesia masih layak menjadi anggota OPEC. Kendati Indonesia masih akan secara bertahap dalam upaya kembali menjadi anggota OPEC, dengan berawal menjadi peninjau (observer) dalam berbagai event OPEC.

"Bisa jadi observer, tapi kita hadir dalam event-event mereka. Peninjau kan bukan jadi anggota, tapi bagaimana berinteraksi dengan market. Berada di market dan interaksi dengan produsen besar harus dilakukan," kata Sudirman.(Epan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login