IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Amien Sunaryadi Mengaku Pernah Lakukan Forensik Investigasi

Amien Sunaryadi Mengaku Pernah Lakukan Forensik Investigasi

Written By Indopetronews on Thursday, 18 June 2015 | 15:00

indoPetroNews.com - Berbicara soal kelembagaan SKK Migas ternyata, yang paling penting itu bukan membicarakan 900 orang yang ada di SKK Migas. Bukan juga membahas lembaganya seperti apa. Melainkan bagaimana mengamankan keseluruhan industri hulu migas, supaya cost recoveri betul-betul efisien.

Demikian dikatakan Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi, di Jakarta, Kamis (18/6). "Kemudian untuk industri hulu migas, saya melihat, ini ternyata tidak mudah. Orang-orang berpikir, jadi SKK Migas gampang lah cuma sebuah organisasi, orangnya cuma 900, trus punya 5 kantor perwakilan, gampang kalau cuma mengurus lembaga yang namanya SKK migas. Tapi kan misinya bukan itu?," kata Amien.

Amien mengaku dari pengalamannya sebelum di SKK Migas, dia pernah lakukan forensik investigasi terhadap beberapa vendor yang menjadi mitra kerja para KKKS. Dari hasil temuan mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut, dia mengungkapkan bahwa cost recovery harus dijaga dengan baik.

"Ada banyak vendor, tapi saya cerita satu saja. Kemudian yang di dapat apa, ternyata dari vendor tersebut ada di dapat jumlah, mulai dari sogokan, entertaiment, kemudian kick back, dari vendor tersebut ke sejumlah KKKS yang berbeda, kepada individu yang ada di SKK Migas dan juga ke pihak di luar industri hulu migas," beber Amien.

Sehingga, lanjut Amien, kalau yang diperiksa adalah SKK Migas atau KKKS, tidak akan menemukan apa-apa dibanding melakukan pemeriksaan kepada si pemberi. "Dari situ saya pelajari bahwa kalau mau mencari yang beginian, ini yang diperiksa mesti pemberinya," ujarnya.

Amien menjelaskan bahwa dari pengalaman dirinya, terdapat tiga jurus dalam melakukan forensik investigasi. Diantaranya yakni, forensik a confirm, kemudian data analitical, serta computer forensik. "Jika sudah lakukan ketiganya, dipastikan bisa ketemu boroknya ada dimana. Dari pengalaman itu saya menyimpulkan bahwa cost recovery harus dijagain dengan baik," kata Amien. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login