IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Tiga Skema Kontrak Migas Rampung Bulan ini

Tiga Skema Kontrak Migas Rampung Bulan ini

Written By Indopetronews on Monday, 21 September 2015 | 11:11

indoPetroNews.com - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja menegaskan bahwa Peraturan Menteri ESDM tentang skema baru untuk kontrak kerja sama migas non-konvensional, diperkirakan rampung bulan ini.

"Permennya menunggu persetujuan Pak Menteri. Teknisnya sih sudah tidak ada masalah," ujar Wiratmaja di Jakarta, Jumat (18/9).

Wiratmaja bilang, ada tiga skema kontrak yang bisa dipilih Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk pengembangan migas non-konvensional, ketiganya yaitu sliding scale, gross split, serta PSC atau kontrak bagi hasil.

Dengan adanya kontrak bentuk baru ini, kata Wiratmaja, diharapkan dapat mempercepat pengembangan migas non konvensional seperti CBM dan shale gas. Skema kontrak kerja sama di luar PSC, dimungkinkan dalam UU Migas No 22/2001 tentang Minyak dan Gas (Migas).

Sistem sliding scale, merupakan kontrak di mana pada awal suatu proyek migas berproduksi, sebagian besar hasilnya menjadi bagian investor. Setelah investasinya hampir balik modal, maka jatah bagi hasil untuk pemerintah membesar.

"Untuk kontrak migas gross split atau sliding scale, kata Wirat, banyak digunakan Australia. Dengan menggunakan sistem ini, pengelolaan migas di laut dalam, dapat berkembang dengan baik," papar Wirat.(ehs)


Sedangkan opsi tiga, lanjut Wirat, skema kontrak berlaku untuk seluruh kontrak kerja sama baru. Sedangkan untuk kontrak lama, dimungkinkan dengan persyaratan tertentu.


"Untuk kontrak lama nanti ada aturan peralihan. Kontrak lama yang belum bergerak, hanya paper company, akan berbeda treatment-nya dengan yang sudah ngebor," papar Wirat.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login