IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dirjen Migas Usul Perubahan Formula Minyak Mentah Indonesia

Dirjen Migas Usul Perubahan Formula Minyak Mentah Indonesia

Written By Indopetronews on Wednesday, 27 July 2016 | 10:01

indoPetroNews.com- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) usulkan untuk mengubah formulasi patokan harga minyak RI Indonesia Crude Price (ICP). Apa alasannya? Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja, usulan perubahan tersebut karena ESDM menilai ada perbedaan yang relatif cukup jauh antara harga minyak RI dan minyak dunia lainnya, seperti Brent ataupun West Texas Intermediate (WTI).

"Dahulu perbedaannya tidak terlalu jauh dengan formula yang sekarang (lama). Akan tetapi, makin ke belakang perbedaannya cukup jauh dengan minyak dunia lainnya. Brent (perbedaan) harganya sudah hampir 5 dolar AS," kata Wiratmajapuja, beberapa waktu lalu di Jakarta.
Wiratmajapuja menandaskan formula penentuan harga minyak mentah Indonesia sebelumnya adalah 50 persen RIM + 50 persen PLATTS. Sementara itu, formula ICP yang baru adalah Dated Brent + Alpha.

Ia menjelaskan bahwa "Alpha" akan dihitung dengan mempertimbangkan kesesuaian kualitas minyak mentah, perkembangan harga minyak mentah internasional dan ketahanan energi nasional.

Menurutnya, perubahan formula penghitungan menggunakan Dated Brent dapat menyamai harga rata-rata minyak dunia karena sejumlah negara juga sudah mengacu pada harga minyak Brent.

Adapun penghitungan nilai Alpha akan ditetapkan oleh Menteri ESDM dengan evaluasi setiap bulannya sampai Indonesia memiliki pola yang sesuai. "Alphanya akan ditetapkan oleh menteri, ada diskresinya apakah menggunakan formula 50 persen PLATTS, 50 persen RIM, dan sebagainya. Setiap bulan akan divealuasi sampai kita punya pola yang pas," kata Wiratmajapuja.

sebagai catatan, formula perhitungan ICP yang baru mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 2016 dan akan digunakan untuk menghitung ICP periode Agustus 2016. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login