IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » IMF Apresiasi Upaya Arab Saudi Kurangi Ketergantungan pada Minyak

IMF Apresiasi Upaya Arab Saudi Kurangi Ketergantungan pada Minyak

Written By Indopetro portal on Friday, 28 October 2016 | 09:03

indoPetroNews- Beberapa kebijakan yang telah dilakukan Kerajaan Arab Saudi untuk mengurangi ketergantungan pendapatan negara dari sektor minyak dan untuk meningkatkan lapangan kerja mendapat apresiasi dari lembaga Dana Moneter Internasional (IMF).

Pemerintah Arab Saudi telah melakukan perombakan besar dalam kebijakannya untuk mengatasi melorotnya harga minyak mentah global. Visi 2030 dan Program Transformasi Nasional berisi kebijakan ambisius untuk mengurangi ketergantungan atas minyak, meningkatkan pertumbuhan sektor non-minyak, dan menaikkan kesempatan kerja. Kami sangat senang dengan perubahan ini," kata Direktur Pelaksana IMF (Dana Moneter Internasional) Cristine Lagarde Lagarde, Rabu (26/10/2016).

Dia menambahkan usaha ini perlu dilanjutkan di jangka menengah dengan menaikkan harga energi, masih rendah dibanding standar internasional, dan meningkatkan pendapatan dari sektor non-minyak, termasuk rencana enam negara anggota GCC (Dewan Kerja Sama Teluk) memberlakukan VAT (pajak pertambahan nilai).

Selama lawatannya di Arab Saudi, Lagarde melakukan pertemuan dengan Raja Salman bin Abdul Aziz, Menteri Keuangan Ibrahim al-Assaf, dan Gubernur SAMA (Badan Moneter Arab Saudi) Ahmad al-Khulaifi. Dia juga menghadiri pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral GCC digelar di Ibu Kota Riyadh.

"Reformasi dilakukan negara-negara GCC setahun terakhir untuk mengatasi rendahnya harga minyak sangat mengesankan," ujarnya.

Dalam sebuah seminar soal stabilitas keuangan digelar SAMA dan Otoritas Pasar Modal Arab Saudi Selasa lalu di Riyadh, Ibrahim al-Assaf menegaskan posisi keuangan Arab Saudi tetap kuat meski harga minyak mentah dunia anjlok. "Kami masih mampu mempertahankan keuangan pemerintah dan cadangan devisa dalam kondisi bagus," katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login