IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pengamat : Jonan Dipilih agar Pos ESDM Tidak Direbut Politisi

Pengamat : Jonan Dipilih agar Pos ESDM Tidak Direbut Politisi

Written By Indopetro portal on Thursday, 20 October 2016 | 14:05

indoPetroNews- Dipilihnya Ignatius Jonan menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) lebih disebabkan agar pos strategis ini tidak diisi oleh orang-orang partai politik. Mengapa?

“Saya melihat Presiden ingin posisi Menteri ESDM diisi oleh seorang profesional . jangan sampai pos ini diisi oleh orang partai politik karena nanti tarik-menariknya cukup kuat. Karena keterbatasan ruang gerak itulah yang kemudian figur yang terpilih adalah Bapak Ignatius Jonan,” kata Direktur Eksektutif Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro kepada sejumlah media, Rabu (19/10/2016) di Jakarta.

Komaidi tidak meragukan kemampuan manajerial mantan Menteri Perhubungan ini. “Kalau dari sisi manajemen, saya tidak meragukan. Tapi dari sisi pengalaman Pak Jonan masih relatif baru di sektor minyak dan gas (migas) sehingga butuh support dari level di bawahnya. Baik itu eselon satu maupun eselon dua,” tandasnya.

Dia juga berharap Jonan tidak terlalu lama berdaptasi dengan persoalan-persoalan energi. “Mudah-mudahan segala informasi dan persoalan- persoalan yang sudah dimaping segera sampai ke beliau. Tapi kalau sudah sampai, saya yakin tidak perlu waktu terlalu lama untuk beradaptasi,” katanya.

Saat ditanyakan apakah pos ESDM sudah tepat dipercayakan kepada Jonan, Komaidi mengatakan hal tersebut relatif. Pasalnya, Sudirman Said, mantan Menteri ESDM, juga bukan dari lingkungan akademis yang akrab dengan energi.

“Pemimpin itu yang paling utama adalah integritasnya, kemampuan memimpinnya, sedangkan subtansinya kalau in line itu bonus. Sedangkan yang paling ideal adalah integritasnya bagus, leader-nya bagus dan memahami substansi,” kata Komaidi sembari mengakui bahwa tidak orang meragukan kapasitas dan kapabiltas Jonan menduduki pos ESDM. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login