IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , , » PHE Rencanakan Eksplorasi Gas di Parang

PHE Rencanakan Eksplorasi Gas di Parang

Written By Indopetronews on Thursday, 27 October 2016 | 11:04

indoPetroNews- Pertamina Hulu Energi (PHE) terus berupaya meningkatkan produksi gas. Salah satu yang sedang dikembangkan adalah pemboran eksplorasi Parang. Lokasi wilayah kerja ini berada diantara Nunukan dan Pulau Bunyu.

“Kita sedang merencanakan pemboran sumur eksplorasi Parang, antara Nunukan dan Pulau Bunyu. Di Nunukan sudah terbukti. POD (Plan of Development) kita sudah disetujui dan mempunyai potensi untuk memproduksi (saat ini) 60 MMSCFD dalam jangka 8 – 10 tahun. Tapi kita masih optimis ada struktur lain yang bisa kita kembangkan,” kata Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) R Gunung Sardjono Hadi, kepada indoPetroNews.com seusai acara diskusi bertajuk “Indonesian Deep Water Forum 2016 Mendorong Kesiapan Teknologi Migas dalam Menunjang Eksplorasi Laut Dalam,” Rabu (26/10/2016) di Jakarta.

Harapannya, lanjut Gunung, pihaknya bisa dapat memproduksi lebih tinggi dari 60 million metric standard cubic feet per day (MMSCFD), yaitu sekitar 90 MMSCFD. “Rencananya kita akan integrasikan antara Nunukan-Pulau Bunyu dan Simenggaris. Di Simenggaris sendiri kita sudah siap untuk dimonetisasi. Gasnya, sebesar 30 MMSCFD, sudah ada, tinggal dijual. Di situ juga kita masih punya potensi eksplorasinya. Kita sedang tawarkan ke PLN,” paparnya.

Selain itu, kata Gunung, pihaknya juga akan mengintegrasikan untuk lapangan Pukat dan Hambalat. “PHE ber-partner dengan Eni sebagai operator lapangan Pukat dan Hambalat. Kita masih melihat gambaran besarnya agar kita dapat mengintegraslkan beberapa lapangan di Kaltara sehingga lebih ekonomis dan bisa mendapatkan produksi gas yang cukup besar. Dan pembelinya pun lebih gampang,” paparnya.

Menurutnya bila berbicara petrochemical untuk pupuk maka lifetime-nya cukup panjang hingga 20 tahun. Misalnya gas sebesar 60 MMSCFD untuk pupuk dan amoniak hingga 20 tahun. “Ini tantangan bagi kita untuk memenuhi keinginan pembeli akhir. Kita PHE ONWJ tetap mengarah ke sana. Kita tidak akan meninggalkan offshore, shallow, medium dan deepwater,” katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login