IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Sebanyak 34 Perusahaan Asing Siap Ikut Tender Blok Migas di Iran

Sebanyak 34 Perusahaan Asing Siap Ikut Tender Blok Migas di Iran

Written By Indopetronews on Thursday, 20 October 2016 | 16:17

indoPetroNews- Terdapat 34 perusahaan asing yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti tender pengelolaan blok minyak dan gas bumi (migas) di Iran. Pasalnya, Iran membuka tender pengelolaan blok migas.

"Saat ini sudah ada 34 perusahaan asing memenuhi syarat buat mengikuti tender itu," kata Direktur Pelaksana National Iranian Oil Company (NIOC) Ali Kardor, Rabu (19/10/2016). NIOC juga berusaha menggaet investasi asing menggunakan model ada sekarang ini.

Iran, kata Kardor, berharap bisa meraih kontrak minyak senilai US$ 25 miliar dengan perusahaan-perusahaan asing dalam satu atau dua tahun mendatang, sesuai kontrak model baru disepakati beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Iran telah mengesahkan kontrak model 3 Agustus lalu, sebuah kebijakan untuk menarik investasi dan teknologi asing untuk membangun kembali industri energi, sektor terbesar dalam perekonomian negara para Mullah tersebut. Pemerintah Iran berharap perusahaan-perusahaan minyak dan gas asing bakal berinvestasi sebanyak US$ 50 miliar setahun.

Perusahaan-perusahaan besar Eropa, termasuk Eni dari Italia dan Total SA asal Prancis, telah menyatakan tertarik membangun ladang minyak dan gas di Iran.

Kardor menjelaskan NIOC telah mengidentifikasi 12-13 blok minyak dan gas menjadi prioritas buat investasi tahap pertama, namun dia tidak menyebutkan ladang mana saja.

Sesuai kontrak model baru, perusahaan internasional harus membikin perusahaan patungan dengan rekanan dari Iran. Pemerintah Iran telah mengesahkan delapan perusahaan eksplorasi dan produksi bisa menjadi rekanan asing. Kardor menambahkan jumlah perusahaan lokal bisa menjadi rekanan asing itu bakal bertambah.

Sebagai catatan, paska dicabutnya embargo ekonomi Iran oleh negara-negara Barat pada Januari silam, negeri berpenduduk mayoritas kaum Syiah tersebut telah memproduksi 3,85 juta barel minyak per hari. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login