IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » CIVD Cegah Kolusi dan Jamin Tranparansi Pengadaan Barang

CIVD Cegah Kolusi dan Jamin Tranparansi Pengadaan Barang

Written By Indopetro portal on Thursday, 3 November 2016 | 12:24

indoPetroNews- Proses pengadaan barang dan jasa yang tidak transparan dan tanpa kolusi, sejatinya dapat dideteksi sedini mungkin. Hal ini bisa ditempuh sejak dari proses perencanaan pengadaan dan menggunakan proses secara digital.

"Guna menciptakan praktik bisnis hulu minyak dan gas bumi yang transparan, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menerapkan sistem Centralized Integrated Vendor Database (CIVD)," kata Kadiv PRS SKK Migas, Hery Margono dalam acara diskusi yang digagas oleh Forum Auditor Migas Indonesia (FAMI) pada Kamis (3/11/2016) di City Plaza, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Menurut Hery, indikasi pelanggaran pada setiap tahap proses pengadaan sebenarnya dapat ditelisik dari proses awal perencanaan. "Proses penetapan spesifikasi pun dapat ditelaah," kata Hery.

Penelaahan juga dapat dilakukan pada saat pengumuman tender proses pengadaan barang dan jasa di media massa tertentu.

Hal lainya, lanjut Hery, indikasi-indikasi pelanggaran dapat pula ditelusuri dari pra kualifikasi dan di dalam pelaksanaan kontrak.

Sebagai catatan, CIVD adalah sistem online database untuk pelaksanaan penilaian kualifikasi penyedia barang/jasa secara terpusat dan terintegrasi antar Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) yang berisi daftar kualifikasi administrasi, HSE dan kepemilikan alat kerja utama dari penyedia barang/jasa dan data kualifikasi lainnya. Output sistem ini adalah SPDA (Sertifikat Pengganti Dokumen Administrasi). Selain itu, dalam CIVD berisi data sanksi yang dikenakan kepada penyedia barang/jasa.

Manfaat sistem CIVD dapat dirasakan oleh pata Kontraktor KKS dan vendor. Bagi Kontraktor KKS dapat mempercepat proses penilaian kualifikasi administrasi dan memperoleh informasi vendor yang kompeten. Sedangkan bagi vendor manfaatnya adalah terdaftar di Kontraktor KKS dan anggota CIVD secara otomatis (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login