IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Deputi I Kepala Staf Kepresidenan : Perlu Ada Perubahan Paradigma Pengelolaan Migas

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan : Perlu Ada Perubahan Paradigma Pengelolaan Migas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 2 November 2016 | 14:30

indoPetroNews- Arah kebijakan industri hulu minyak dan gas bumi (migas) selain pro pada perusahaan energi nasional juga mengutamakan prinsip fairness. Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Darmawan Prasodjo, dalam sebuah acara diskusi pada Rabu (2/11/2016) di Jakarta. Apalagi bisnis minyak dan gas bumi ini memiliki unsur padat modal dan teknologi tinggi.

Prinsip bisnis fairness, kata Darmo, sapaan Darmawan Prasodjo, walaupun masih perlu didiskusikan lebih lanjut, tetapi secara umum mengandung makna investasi yang ditanamkan oleh para investor, harus kembali modal. "Juga mempertimbangkan resiko yang harus dikelola secara baik serta menguntungkan," kata Darmo. Di samping itu, juga diperlukan simplifikasi perijinan agar mendorong tumbuhnya investasi.

Lebih jauh Darmo mengungkapkan bahwa tantangan industri ini cukup komplek. Baik tantangan eksternal, seperti harga minyak mentah yang turun di pasar dunia. Sedangkan tantangan internal lebih mengarah pada Revisi Undang-undang Migas, perlunya terobosan kebijakan fiskal dan terkait operasional di lapangan.

"Harus dirancang kebijakan fiskal yang komprehensif bukan yang parsial," katanya. Oleh sebab itu, lanjutnya, perlu ada perubahan paradigma pengelolaan migas. "Paradigma migas yang semula menjadikan energi sebagai komoditas diubah menjadi energi sebagai penggerak perekonomian nasional," ujar Darmo. Bila orientasinya sebagai penggerak maka energi akan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi dan lokomotif pembangunan wilayah.

Hal lainnya, imbuh Darmo, diperlukan pula inisiatif dan langkah merancang strategi agar iklim investasi menjadi lebih menarik. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login