IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Dirjen EBTKE : Saatnya Kita Tingkatkan Efisiensi dan Konservasi Energi

Dirjen EBTKE : Saatnya Kita Tingkatkan Efisiensi dan Konservasi Energi

Written By Indopetronews on Thursday, 17 November 2016 | 12:25

indoPetroNews- Manfaat pelaksanaan efisiensi dan konservasi energi (EKE) terhadap kinerja ekonomi nasional tidak diragukan lagi. Namun sayangnya, upaya untuk memanfaatkan peluang tersebut belum optimal hingga kini.

Untuk memenuhi kebutuhan energi yang semakin meningkat, pemerintah Indonesia masih menitikberatkan pada strategi memperkuat pasokan (supply) produksi energi.

Adapun upaya untuk mengelola pemanfaatan (demand) belum mendapatkan perhatian yang setara dengan memperkuat sisi pasokan.

Untuk mendukung efisiensi dan konservasi energi tersebut pemerintah telah melakukan beberapa langkah srategis. Di antaranya melakukan sosialisasi Peraturan Menteri ESDM Nomor 14/2016 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Konservasi Energi atau yang juga dikenal dengan nama Energy Service Company (ESCO).

"Semua harus fokus ke upaya yang terencana, sistematik dan terpadu untuk meningkatkan efisiensi yang merupakan roh dari konservasi. Saya mengajak semua untuk sama sama mengutamakan upaya efisiensi dan konservasi energi,” kata Rida Mulyana, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada sejumlah media, Kamis (17/11/2016) di Jakarta.

Pengelolaan dan pemanfaatan energi nasional, kata Rida, harus efisien dan berkelanjutan, serta membangun kesadaran masyarakat untuk meningkatkan upaya efisiensi dan konservasi energi. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login