IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Dirut Pertamina : Akuisisi PGE oleh PLN Masih Wacana

Dirut Pertamina : Akuisisi PGE oleh PLN Masih Wacana

Written By Indopetronews on Friday, 11 November 2016 | 09:00

indoPetroNews- Gerakan Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang menolak akuisisi PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) oleh PT PLN (Persero) telah menjadi gelombang-gelombang gerakan-gerakan. Demikian ditegaskan oleh Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Dwi Soetjipto dalam orasinya dihadapan 1500 karyawan/pekerja Pertamina, Kamis (10/11/2016) di kantor pusat Pertamina Jakarta.

"Wacana (akuisisi) memang ada. Tapi itu baru wacana. Namun upaya dari FSPPB telah menjadi gelombang gerakan," kata Dwi Soetjipto.

Dwi Soetjipto menyatakan bahwa Pertamina hendak mewujudkan cita-cita kedaulatan energi. "Dukungan pemerintah tentu sangat membantu meningkatnya kinerja dan capaian-capaian Pertamina," tandas Dwi Soetipto, sembari mengimbuhkan pembubaran Petral dan masuknya Pertamina ke Blok Mahakam tidak lepas dari support pemerintah.

Dwi Soetjipto menegaskan bahwa aspirasi dari FSPPB terkait wacana akuisisi PGE oleh PLN akan disampaikan ke pemerintah.

Sementara itu, pada pukul 10.40 WIB Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, menyambangi para peserta aksi. Rini menyatakan dirinya telah menerima aspirasi dan masukan dari pihak direksi terkait proses akuisisi PGE oleh PLN. "Urusan ngebor lapangan geothermal, lapangan migas itu Pertamina ahlinya. Tetapi sumur-sumur yang dihasilkan oleh Pertamina berupa uap. Sedangkan PLN mempunyai transmisinya. Oleh karena harus itu Pertamina dan PLN harus bersinergi," kata Rini.

Sedangkan Presiden FSPPB, Noviandri menyambut baik kehadiran Menteri BUMN dihadapan para peserta aksi. "Kita akan buat tim untuk mengkaji sinergi antara Pertamina (PGE) dan PLN," ujar Noviandri sembari menambahkan bahwa sinergi tidak mengecilkan apalagi mematikan usaha bisnis lainnya.

Sementara Dewan Penasehat FSPPB, Ugan Gandar, menyatakan bukan hanya PGE yang diganggu tapi juga shipping Pertamina. "Harus ada komunikasi intensif antara Pertamina dengan pemerintah. Menteri BUMN jangan tergesa-gesa mengambil keputusan terkait akuisisi ini," tegas Ugan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login