IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Imbas Anjloknya Harga Minyak, Qatar Bakal Privatisasi BUMN Kesehatan dan Pendidikan

Imbas Anjloknya Harga Minyak, Qatar Bakal Privatisasi BUMN Kesehatan dan Pendidikan

Written By Indopetro portal on Friday, 4 November 2016 | 10:10

indoPetroNews- Fluktuatifnya harga minyak mentah dunia memaksa negeri Qatar melakukan berbagai strategi dan kebijakan yang tidak biasa. Misalnya, melakukan privatisasi bidang badan usaha milik negaranya. Utamanya yang bergerak di bidang kesehatan dan pendidikan.

Kepastian keputusan tersebut diungkapkan oleh Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad ats-Tsani. "Kita akan memprivatisasi sebagian badan usaha milik negara bergerak di sektor kesehatan dan pendidkan untuk mengurangi beban anggaran pemerintah. Hal ini merupakan bagian dari agenda reformasi ekonomi Qatar untuk lima tahun mendatang," kata Syekh Tamim bin Hamad ats-Tsani, dalam sambutannya di hadapan anggota Dewan Penasihat, pada Kamis (2/11/2016) di Qatar.

Seperti diketahui, Qatar termasuk salah satu negara Teluk yang terpukul akibat anjloknya harga emas hitam sejak medio 2014. Qatar juga mengalami defisit anggaran belanja negaranya. Negara pengekspor gas alam cair terbesar sejagat tersebut pada 2016 diperkirakan dibelit ancaman defisit, pertama dalam 15 tahun terakhir.

"Meski kita sudah menetapkan kesehatan dan pendidikan, merupakan kebutuhan dasar manusia, menjadi tanggung jawab pemerintah, kita telah memutuskan perlu ada interaksi menguntungkan antara swasta dan pemerintah. Sulit untuk mendanai semua proyek ingin kita laksanakan," kata Syekh Tamim.

Qatar selama ini menyediakan layanan kesehatan dan pendidikan gratis bagi sekitar 300 ribu warga negaranya. Banyak dari warga Qatar bekerja sebagai pegawai negeri dengan gaji besar dan negara ini termasuk berpendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Syekh Tamim mengatakan Qatar perlu menghapus subsidi yang memboroskan anggaran negara untuk mengatasi lesunya harga minyak dunia. "Ada tantangan harus kita hadapi terkait budaya konsumtif. Kekayaan saja tidak cukup," tegasnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login