IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Internal Auditor Berperan Strategis Cegah Tindakan Korupsi di Industri Hulu Migas

Internal Auditor Berperan Strategis Cegah Tindakan Korupsi di Industri Hulu Migas

Written By Indopetronews on Thursday, 3 November 2016 | 11:42


indoPetroNews - Berbagai pengawasan dilakukan agar proses bisnis hulu minyak dan gas bumi (migas) secara transparan dan tidak terjebak pada tindakan-tindakan penyelewengan dan korupsi. Oleh karena itu, peran internal auditor mempunyai peran strategis dalam pengawasan dan pencegahan.

"Pemberantasan korupsi tidak dapat dilakukan
berjalan hanya oleh KPK sendirian tetapi harus dilakukan secara bersama-sama dengan pihak lain, terutama para internal auditor di Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) perusahaan-perusahaan migas," kata Direktur Litbang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Cahya Hardianto Harefa, dalam acara diskusi yang digagas oleh Forum Auditor Migas Indonesia (FAMI) pada Kamis (3/11/2016) di City Plaza, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Cahya Hardianto, yang memaparkan presentasi terkait "Peran Internal Audit dalam Assurance SOT (Sistem Operasi Terpadu) dan Peningkatan Koordinasi dan Supervisi KPK" mengapresiasi kerelaan dari para internal auditor untuk bersama-sama KPK dalam pemberantasan korupsi. "Harus merasa menjadi bagian dari kita agar program pemberantasan korupsi di sektor migas dapat berjalan," kata Cahya Hardianto, sembari mengakui bahwa tren internal auditor semakin baik dan ahli.

Cahya Hardianto mengutarakan bahwa tren internal auditor mencakup beberapa hal, yaitu meng-cover resiko, memberi nilai kepada manajemen dan berperan sebagai strategic advisory.

Dia juga mengutarakan bahwa Sistem Operasi Terpadu (SOT) juga mendukung upaya pengawasan secara komprehensif. "Di KPK pun ada kajian soal industri migas. Kepala grup kajian dipimpin oleh Dedi Hartono," ujar Cahya Hardianto sembari berharap bahwa internal auditor tidak hanya berperan sebagai watchdog tetapi dapat menjadi partner. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login