IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Kepala SKK Migas : Gangguan Keamanan Pengaruhi Produksi Migas

Kepala SKK Migas : Gangguan Keamanan Pengaruhi Produksi Migas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 23 November 2016 | 09:50

indoPetroNews- Berbagai ragam gangguan keamanan di daerah operasi hulu minyak dan gas bumi (migas) masih menjadi tantangan tersendiri bagi kontraktor kontrak kerja sama (Kontraktor KKS). Seberapa besarkah gangguan tersebut?

Berdasarkan data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), hingga Oktober 2016 tercatat terjadi 893 kasus gangguan keamanan yang meliputi pencurian peralatan, pencurian minyak, penutupan jalan, penghentian operasi, demonstrasi, pengrusakan material, dan lain-lain.Jumlah ini turun signifikan dibanding periode 2015 yang terjadi 1.720 kasus.

Meski turun, banyaknya gangguan keamanan yang terstruktur dan konvensional pada tingkat lokal dan nasional telah mengakibatkan tertundanya berbagai kegiatan inti kegiatan hulu migas. Contohnya, survei, pengeboran, pengembangan lapangan baru, atau bahkan hasil produksi melalui pipa dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Faktor non teknis seperti gangguan keamanan menjadi salah satu penyebab yang memengaruhi pencapaian target produksi migas nasional,” kata Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi kepada wartawan, Rabu (16/11/2016).

Industri hulu migas tetap mengantisipasi gangguan keamanan dengan melakukan upaya-upaya pencegahan dan mitigasi. Misalnya, penerapan sistem manajemen pengamanan, kerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), kerja sama dengan media, penerapan teknologi pengamanan, serta upaya pengamanan berbasis masyarakat. “Komunikasi dan koordinasi perlu ditingkatkan agar upaya-upaya tersebut dapat berjalan optimal,” katanya.

Pengamanan yang terintegrasi antara kontraktor KKS, SKK Migas, TNI, dan Polri akan memberikan dampak positif dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para pelaku industri hulu migas.Faktor keamanan dan tantangan sosial apabila dikelola dengan baik memberikan dampak positif terhadap kegiatan operasional hulu migas.Terlebih, peran hulu migas sangat strategis, baik sebagai sumber pasokan energi nasional, maupun sebagai sumber penerimaan negara.“Harapannya, iklim investasi meningkat,” kata Amien. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login