IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Komisi VII DPR : September 2017 Seharus Kita Punya UU Migas

Komisi VII DPR : September 2017 Seharus Kita Punya UU Migas

Written By Indopetronews on Friday, 11 November 2016 | 10:13

indoPetroNews- Revisi Undang-undang (RUU) Minyak dan Gas Bumi (Migas) masih menunggu untuk disahkan di Sidang Paripurna. Kapan diparipurnakan?

“Saya melihat kalau dilihat dari proses yang sekarang berjalan, saya tidak yakin bahwa revisi Undang-undang Migas diparipurnakan hingga akhir 2016. Akan sulit,” kata anggota Komisi VII DPR Satya Wira Yudha, Kamis (10/11/2016) di Jakarta. Karena belum drafnya belum sampai di Badan Legislasi (Baleg), belum dilakukan sinkronisasi dan juga belum dirapatkan di Badan Musyawarah.

Draf masih berada di kalangan internal Komisi VII dengan Badan Keahlian. Namun nanti, lanjut Satya, kalau ada satu dan lain hal, bisa dipercepat, maka awal tahun 2017, bisa dibawa untuk diparipurnakan maka ini sudah dapat diperkirakan.” Kalau pada Januari 2017 diparipurnakan, maka baru duakali masa sidang, 4 bulan kali 2 yaitu 8 bulan. Jadi, September 2017 harusnya kita sudah punya UU Migas,” tandas politisi Partai Golkar ini.

Dia berkelakar, dirinya sudah hampir setengah bosan berbicara tentang Undang-Undang Migas. “Saya berbicara dari tahun 2009 hingga 2016,” ujarnya sembari tersenyum.

Menurutnya, revisi Undang-undang Migas Nomor 22 Tahun 2001 adalah amanah dari Panitia Angket BBM. Ini adalah asal usul perlunya revisi UU Migas No 22 Tahun 2001.

“Kalau di DPR kalau sudah satu periode berlalu maka acuannya sudah berbeda. Kita tidak bisa lagi mengambil semua pekerjaan di masa periode sebelumnya ke tahun periode berkutnya,” ucapnya. Yang dapat dilakukan, kata Satya, adalah menjadikan acuan semua keputusan yang telah dilakukan masa periode sebelumnya dengan catatan atas persetujuan dari para anggota dewan.

Sekarang revisi Undang-undang migas sudah berjalan cukup positif. “Dalam arti kata, intensitas kita berbicara dengan dewan keahlian itu cukup terjaga karena setiap hari Kamis itu merupakan hari legislasi. Kita mencoba menyelesaikan draf naskah akademik sudah selesai dan di-breakdown menjadi pasal per pasal,” tandasnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login