IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Mangkraknya Revisi UU Migas Cermin Buruk Kinerja DPR

Mangkraknya Revisi UU Migas Cermin Buruk Kinerja DPR

Written By Indopetro portal on Monday, 21 November 2016 | 16:05

indoPetroNews- Salah satu komitmen DPR yang terus ditagih adalah penyelesaian pembahasan Revisi atas UU nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi (UU Migas) yang ”mangkrak” di Komisi 7. Koalisi Masyarakat Sipil Publish What You Pay (PWYP) Indonesia mencatat, ”mangkrak”nya pembahasan ini dimulai sejak Revisi UU Migas dicantumkan dalam daftar Prolegnas DPR sejak 2010.

Agenda Revisi UU Migas pada 2016 merupakan yang ke-3 (tiga) bagi DPR RI periode 2014-2019 sekaligus menandai 12 (dua belas) tahun pasca-terbitnya putusan Mahkamah Konstitusi No. 002/PUU-l/2003 yang membatalkan sejum|ah pasal dalam UU Nomor 21/2001 tentang Migas dan 4 (empat) tahun pasca terbitnya putusan MK No. 36/PUU-X/2012 yang membubarkan BP Migas.

"Mangkraknya pembahasan Revisi UU Migas sejalan dengan buruknya kinerja Iegislasi DPR yang sampai dengan 9 November 2016 hanya menyelesaikan 9 UU dan 50 UU yang ditargetkan atau hanya sekitar 18% 53. Agenda pembahasan Revisi UU Migas seolah hanya menjadi ’pajangan manis’ dalam set Prolegnas yang disusun oleh DPR tanpa ada usaha apa pun untuk sekedar membahasnya.. Lambannya pembahasan Revisi UU Migas, makin diperburuk dengan ’senyapnya’ proses di komisi 7," kata Sulastio, Anggota Badan Pengarah PWYP Indonesia dalam satu diskusi, Senin (21/11/2016) di Jakarta.

Berdasarkan catatan dari Indonesia Parlianmentary Center (IPC)/ Koalisi Masyarakat Sipil untuk UU MD3, evaluasi atas proses Legislasi DPR RI untuk Masa Sidang V Tahun 2016 menunjukkan bahwa rapat pembahasan RUU Migas seluruhnya bersifat tertutup.

"Bahkan, ruang partisipasi masyarakat dalam pembahasan RUU Migas juga sangat terbatas dan hanya melibatkan pihak secara terbatas, yaitu mitra dari pemerintah," tandas Sulastio. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login