IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Otda Hambat Laju Usaha Migas

Otda Hambat Laju Usaha Migas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 30 November 2016 | 08:46

indoPetroNews- Kebijakan Otonomi Daerah (Otda) yang sejatinya dapat mendorong berbagai upaya tumbuhnya perekonomian di daerah, namun faktanya justru mempersulit. Apa contohnya?

“Untuk perizinan lahan migas saja membutuhkan waktu 300 hari. Durasi 300 hari perizinan itu masih kira-kira. Belum pasti ya, karena bisa bertambah lagi lamanya,” kata Kepala Dinas Keteknikan Geologi & Geofisika, Shinta Damayanti kepada indoPetroNews.com Senin (28/11/2016) di ruang kerjanya lantai 23 Wisma Mulia, Jakarta. Padahal pihak kontraktor kontrak kerja sama (Kontraktor KKS) membutuhkan kepastian.

Dia mengakui Presiden telah menginstruksikan agar proses perizinan migas dapat dipermudah. Bahkan, konon dilakukan dalam satu atap. “Realisasinya belum ada. Itu dari zaman Presiden SBY hingga kini belum terealisasi. Kenyataannya belum seatap, masih beratap-atap dan bermeja-meja, he.. Ilustrasinya begini, untuk izin pengeboran untuk 1 sumur, pihak kontraktor seperti Pertamina EP harus mengurus 244 izin,” papar Shinta.

Kalau sudah level Presiden yang menginstruksikan tetapi tidak digubris di level lapangan, lantas kepad siapa lagi kita berharap? “Kita juga bertanya seperti itu, ya mas, he.. Perpres sudah ada tetapi enggak jalan juga tuh! Contohnya BPMA. Kenapa sampai BPMA itu terjadi. Kan satu instruksi Presiden yang tetap saja ada against,” tandas Shinta seraya mengimbuhkan bahwa kebijakan Otda justru membuat tidak nyambung kebijakan antara yang pusat dengan daerah.

Menurut Shinta, pihak pemimpin daerah bilang,’ gue dipilih sama rakyat’. Kemudian kita bilang bahwa ini perintah Presiden. Jawabannya sang kepala daerah,’ Ya, rakyat saya tidak mau begitu’. “Karena itu dia merasa boleh untuk menentangnya. Dan itulah yang terjadi dalam proses pengurusan usaha migas di beberapa tempat,” kata Shinta. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login