IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pengamat : MESDM Ingin Perkuat Posisi SKK Migas

Pengamat : MESDM Ingin Perkuat Posisi SKK Migas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 30 November 2016 | 08:40

indoPetroNews- Sejatinya dapat diakui bahwa isu utama paling hangat diperbincangkan dalam Revisi Undang-undang (UU) Minyak dan Gas Bumi (migas) adalah mengenai tata kelola di sektor hulu migas. Sektor apa saja yang dianggap urgen?

"Terkait dengan siapa pihak yang akan ditunjuk untuk menggantikan peran Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) di masa depan. Sejumlah usulan mengemuka, seperti konsep Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) di mana ingin memperkuat institusi SKK Migas menjadi semacam BUMN khusus," kata peneliti senior bidang ekonomi The Habibie Center, Zamroni Salim kepada media, Selasa (29/11/2016) di Jakarta.

Sementara itu, kalangan pengusaha di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan agar SKK Migas digantikan semacam badan otoritas khusus yang independen. "Kemudian sebagian kalangan, terutama dari internal SKK Migas, meminta agar pengelola sektor hulu migas nanti berada langsung di bawah presiden sehingga meminimalisasi pernainan politik sebagaimana selama ini kerap terjadi," ucapnya.

Bahkan, ungkap Zamroni, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar sempat melontarkan gagasan agar Pertamina diberikan kesempatan untuk mengambil kembali peran SKK Migas dalam pengelolaan sektor hulu migas. Selain itu, sebagai salah satu bentuk penguatan Pertamina, Arcandra mengusulkan pengalihan aset berupa cadangan migas nasional dari SKK Migas kepada Pertamina sehingga bisa dimonetisasi sebagai modal untuk mencari cadangan migas baru dan pembangunan infrastruktur migas.

Fraksi-fraksi di Komisi VII DPR RI juga masih terbelah dalam memberikan respons terhadap usulan-usulan di atas. Apalagi setelah pimpinan Kementerian ESDM mengalami beberapa kali pergantian sejak akhir Juli 2016 sampai kemudian ditetapkan secara definitif oleh Presiden Jokowi pada medio Oktober lalu. "Nuansa tarik menarik kepentingan makin kuat," katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login