IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pengamat : Revisi UU Migas Selayaknya Jadi Prioritas

Pengamat : Revisi UU Migas Selayaknya Jadi Prioritas

Written By Indopetro portal on Friday, 18 November 2016 | 10:39

indoPetroNews- Semua persoalan dalam industri hulu minyak dan gas bumi (migas) seperti eksplorasi, cadangan yang rendah dan masalah lainnya bermuara dari Undang-undang (UU) Migas Nomor 22 Tahun 2001 yang sangat liberal. Apa indikasinya?

Misalnya dalam UU Migas tersebut menempatkan migas sebagai komoditi pasar. Hal ini jelas bertentangan dengan UUD 1945, yang semestinya dikelolal oleh negara untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” kata Fahmi Radhy pengamat migas dari UGM Yogyakarta kepada sejumlah media Jumat (18/11/2016) di Jakarta.

Contoh lainnya adalah menempatkan Pertamina sebagai satu unit usaha yang sama dengan perusahaan asing lainnya yang harus bersaing. “Ketika bersaing dalam biding, Pertamina selalu kalah. Misalnya Pertamina kalah dengan ExxonMobil di Blok Cepu,” paparnya.

Dia juga mengungkapkan, bila UU Migas belum segera direvisi maka segala persoalan yang terkait migas tidak akan pernah terselesaikan. Karena itu penuntasan revisi Undang-undang migas harus menjadi prioritas penyelesaian. Tanpa revisi maka masalah akan terus terjadi tanpa bisa diselesaikan.

“Kalau komoditasnya bukan migas, maka mungkin tidak terlalu bermasalah kalau diatur dalam UU yang liberal. Tetapi khusus migas ini harus dikelola oleh negara dan diperuntukkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” tandas Fahmi seraya menambahkan jika migas diserahkan pada mekanisme pasar maka pemain-pemainnya akan tetap berasal perusahaan-perusahaan migas asing yang tetap mendominasi di Tanah Air. “Saat ini 87% lahan migas itu dikuasai oleh perusahaan asing,” tegas Fahmi.





Bila migas, lanjut Fahmi, dikelola sesuai dengan amanat UUD 1945 maka negara bisa mengatur lebih cermat dan bisa menyerahkan pengelolaan migas ke Pertamina. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login