IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Rapat OPEC Mengalami Kebuntuan: Dua dari Empat Produsen Teratas Katakan Menolak

Rapat OPEC Mengalami Kebuntuan: Dua dari Empat Produsen Teratas Katakan Menolak

Written By Indopetro portal on Tuesday, 1 November 2016 | 13:46

indoPetroNews- Jumat (29/10), disebutkan oleh wartawan keuangan The Wall Street Journal Georgi Kantchev bahwa technical meeting OPEC di Vienna mengalami kebuntuan. Hal ini dikarenakan oleh penolakan Irak dan Iran untuk mengurangi output mereka. Berita penolakan Iran dan Irak atas pengurangan produksi ini mungkin mengecewakan pasar, namun hal ini sudah tidak lagi mengejutkan.

Hari Minggu lalu Irak bersikeras agar mereka mendapat pengecualian untuk rencana pemotongan produksi oleh OPEC karena, setelah sebelumnya didiskusikan, Irak sedang butuh untuk mempertahankan produksi selama masih berperang melawan Islamic State (ISIS). Penolakan Irak ini menakuti pasar, bukan karena menolak berpartisipasi dalam rencana OPEC yang akan difinalisasi 30 November tersebut, namun karena menyebutkan akan memproduksi 9 juta barel per hari untuk perang,

Sebelumnya, Irak dan Iran telah sepakat untuk tidak mengutus Menteri Perminyakan mereka ke rapat OPEC di Istanbul pada 10 Oktober lalu. Ini menunjukkan bahwa tidak semua anggota OPEC berpartisipasi.

Irak menunjukkan ketidakpuasannya pada kesepakatan yang dibuat September lalu, di mana dibahas metode perhitungan apa yang akan digunakan OPEC – metode untuk menentukan besar kecilnya pengurangan produksi masing-masing anggota.

Penolakan Irak dan Iran ini tidak akan merubah apapun selain menaikkan kepastian pasar. Rencana OPEC ini sejak awal masih belum pasti, dan untuk saat ini yang menjadi pasti adalah rencana ini tidak akan berhasil dijalankan.

Kini tersisa Arab Saudi, produsen terbesar pertama OPEC dan Uni Emirat Arab, produsen terbesar keempat OPEC. Hal ini mengakibatkan Arab Saudi dan Emirat Arab harus bersiap untuk menahan dan memotong produksi minyak mentah, atau mengundurkan diri karena pengurangan tidak mungkin dilakukan tanpa dukungan dua produsen terbesar OPEC lainnya – Irak dan Iran. (Gadih)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login