IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Revisi UU Migas Jauh dari Intervensi Parpol

Revisi UU Migas Jauh dari Intervensi Parpol

Written By Indopetro portal on Wednesday, 30 November 2016 | 08:26

indoPetroNews- Nyaris tidak ada kepentingan partai politik (parpol) tertentu dibalik mangkraknya pembahasan Revisi Undang-undang (UU) Minyak dan Gas Bumi (migas) Nomor 22 Tahun 2001.

"Sejauh yang saya amati dan hasil dari survei serta dialog-dialog kita dengan beberapa anggota Komisi VII DPR belum ada ya," kata dosen Universitas Indonesia (UI), Aditya Perdana, kepada indoPetroNews.com Selasa (29/11/2016) seusai acara diskusi di Jakarta. Yang ada justru kepentingan orang per orang yang memiliki bisnis atau hubungan kedekatan dengan perusahaan-perusahaan migas.

Menurut Aditya, secara kelembagaan parpol, belum kelihatan tarik menarik kepentingannya terhadap revisi regulasi migas ini.

Dia juga menyayangkan kelambanan revisi UU Migas. Pelaku industri saling bertanya tentang kepastian regulasinya. "Sepanjang tahun 2016 ini banyak sekali pertanyaan dari pelaku bisnis. Misalnya, kira-kira kapan selesainya; kewenangan lembaga ini bagaimana; bagaimana nasib kontraktor dan lain semacamnya," cetusnya. Oleh sebab itu, Aditya berharap pihak lembaga legislatif segera merampungkan regulasi tersebut.

Aditya meyakini bahwa kepastian regulasi pasti ada tetapi realisasinya belum jelas. "Idealnya tahun depan, 2017 kita sudah memiliki UU Migas yang telah disahkan," tegas Aditya, seraya mengimbuhkan bahwa pembahasan revisi UU Migas tidak akan alot seperti halnya UU Pilkada. "Tentu dengan catatan bahwa semua pihak mengedepankan kepentingan bangsa. Sebab migas menjadi sesuatu sudah diperlukan atau telah menjadi hajat hidup orang banyak.

Apalagi revisi UU Migas sudah menjadi usulan atau inisiatif dari DPR," tandasnya. Hal ini akan berbeda bila revisi UU Migas berasal dari pemerintah. "Boleh jadi akan jadi perdebatan alot dan panjang mengingat harus mendapat persetujuan dari DPR, yang terdiri dari berbagai parpol yang berbeda kepentingannya," ujar Aditya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login