IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Revisi UU Migas Kalah Pamor dengan Pilkada DKI Jakarta

Revisi UU Migas Kalah Pamor dengan Pilkada DKI Jakarta

Written By Indopetro portal on Wednesday, 30 November 2016 | 08:23

indoPetroNews- Pemerintah kurang mensosialisasikan revisi Undang-undang (UU) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Nomor 22 Tahun 2001. "Ironisnya, revisi UU Migas kalah terkenal dengan Pilkada DKI," kata Peneliti Senior The Habibie Center, Zamrani Salim, dalam satu diskusi yang diselenggarakan The Habibie Center, pada Selasa (29/11/2016) di Jakarta. Publik tidak banyak yang tahu soal revisi UU Migas.

Menurut Zamroni, hanya segelintir kelompok yang mengetahui revisi UU Migas. "Apalagi yang peduli revisi tentu sangat minim," ucap Zamroni, sembari menjelaskan tentang latar belakang perlunya revisi UU Migas.

Dia juga mengutarakan bahwa revisi UU Migas dilatari oleh produksi migas dan cadangan menurun.

"Mulai berkembangnya teknologi migas non konvensional. Dan yang tidak kalah penting adalah rendahnya ketahanan migas nasional," tandas Zamroni.

Pihaknya, lanjut Zamroni, menyarankan agar mengubah paradigma migas. "Migas seharusnya dapat dijadikan sebagai modal dasar pembangunan negara. Revisi UU Migas diarahkan sebagai upaya mencapai ketahanan bukan sebagai pendapatan negara," tegasnya. Paradigma ini penting karena akan mempengaruhi bagaimana Indonesia mengelola industri energinya.

Zamroni juga menyarankan agar pemerintah memberikan hak kuasa pertambangan kepada Pertamina. "Memberi hak monopoli kepada Pertamina akan memberikan keleluasaan. Saat ini Pertamina sama kedudukannya dengan kontraktor kontrak kerja sama," ucap Zamroni seraya menambahkan bila Pertamina diberikan hak kuasa pertambangan maka pemerintah bisa mewajibkan Pertamina meningkatkan eksplorasi dan produksi migas.

Dalam kesempatan yang sama, imbuh Zamroni, The Habibie Center dalam waktu dekat akan menyerahkan policy paper ke pemerintah pada Januari 2017. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login