IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » SKK Migas Gandeng Universitas Selenggarakan Studi Subsurface

SKK Migas Gandeng Universitas Selenggarakan Studi Subsurface

Written By Indopetro portal on Monday, 28 November 2016 | 15:22

indoPetroNews- Salah satu tugas utama dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) adalah memonitoring kontrak kerjasama dari para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS). Baik dalam pelaksanaan dan pengawasan kontrak kerjasamanya.

"Tugas tersebut pasti juga turun ke divisi eksplorasi dan divisi saya," kata Kepala Dinas Keteknikan Geologi & Geofisika, Shinta Damayanti kepada indoPetroNews.com Senin (28/11/2016) di ruang kerjanya lantai 23 Wisma Mulia, Jakarta.

Namun, dalam hal monitoring itu juga, kalau dilihat di divisi eksplorasi (selain administratif biasa) ada juga kegiatan seismik, pengeboran dan strategi eksplorasi hingga ke Penentuan Status Eksplorasi (PSE).

"Itu (PSE) yang kemudian ditindaklanjuti ke proses pengembangan (PoD). Tapi untuk kebutuhan itu sendiri banyak pihak lain yang belum tahu bahwa SKK Migas punya evaluasi sendiri," ujar Shinta.

Dia memaparkan bahwa kalau wilayah kerja eksplorasi para Kontraktor KKS terbatas areanya. "Pihak kontraktor tak boleh keluar dari areanya sehingga evaluasinya cenderung detil (spesifik). Sedangkan SKK Migas justru melakukan evaluasi dalam skala besar," imbuh Shinta, sembari menambahkan bahwa yang dievaluasi adalah subsurface, dengan menggunakan data paling akhir serta masuk ke key performance indicator.

Menurut Shinta, pihaknya setiap tahun menyelenggarakan studi-studi skala regional. "Kita menggandeng pihak perguruan tinggi, diantaranya UGM, UPN dan ITB. Hasil studinya kemudian dikembalikan pada pihak kontraktor, terutama ke lingkungan subsurface yang sama," kata Shinta, sembari mengimbuhkan dengan mengacu pada hasil studi tersebut diharapkan dapat menurunkan risiko eksplorasi. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login