IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Upaya Pencarian Minyak Selayaknya Ditingkatkan

Upaya Pencarian Minyak Selayaknya Ditingkatkan

Written By Indopetro portal on Thursday, 17 November 2016 | 09:49


indoPetroNews- Menurunnya produksi minyak dan gas bumi (migas) di Tanah Air terjadi sejak lama. Lalu, bagaimana strategi meningkatkannya? 

“Kunci meningkatkan produksi adalah eksplorasi. Eksplorasi kita dari tahun 1980 an hingga kini menurun drastik,” kata Kepala Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Taslim Z Yunus kepada sejumlah wartawan, Rabu (16/11/2016) di Jakarta.

Selain itu, lanjut Taslim, jika dilihat dari Reserve Replacement Ratio, Indonesia masih berada jauh di bawah 100%. “Reserve yang kita temukan dibandingkan dengan reserve yang kita produksikan itu kita defisit. Angka terakhir Reserve Replacement Ratio kita sekitar 60%,’ papar Taslim. Artinya, setiap tahun masih nombok sekitar 60% dari cadangan yang ada. 

Dia menyatakan agar dapat berkelanjutan dalam bisnis hulu migas maka Reserve Replacement Ratio idealnya 100%. “Setiap produksi yang kita keluarkan itu harus bisa menggantikan sebanyak itu lagi yang baru (cadangannya). Tapi akan lebih baik kalau di atas 100%. Vietnam itu Reserve Replacement Ratio-nya sekitar 200%. Dan Malaysia mencapai lebih dari 140% Reserve Replacement Ratio-nya,” tandas Taslim. Jadi, mereka selalu surplus dalam menghasilkan cadangan migasnya. 

Menurut Taslim, Indonesia masih berada di bawah angka ideal Reserve Replacement Ratio untuk minyak lebih dari 15 tahun. “Kalau reserve replacement ratio untuk gas masih di atas 100%. Namun produksi minyak yang masih kendala,” katanya. Jadi, upaya untuk mencari minyak yang harus kita tingkatkan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login