IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Wamen ESDM : Ada Banyak Kendala yang Menghadang Industri Hulu Migas

Wamen ESDM : Ada Banyak Kendala yang Menghadang Industri Hulu Migas

Written By Indopetronews on Wednesday, 2 November 2016 | 13:45

indoPetroNews-Bisnis usaha hulu minyak dan gas bumi (migas) menghadapi banyak kendala. Diantaranya persoalan eksternal dan internal. Apa saja aspek eksternal dan internalnya?

"Selain faktor harga minyak dunia yang fluktuatif sebagai tantangan eksternal, industri ini dihadang persoalan-persoalan internal," kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, dalam acara diskusi yang diselenggarakan Kadin Indonesia, Selasa (1/10/2016) di Jakarta.

Menurut mantan Menteri ESDM yang pernah memiliki dwi kewarganegaraan (Amerika Serikat dan Indonesia) industri hulu migas belum mempunyai kelembagaan pengatur yang permanen paska dibubarkannya BP Migas oleh Mahkamah Konstitusi (MK). "SKK Migas bersifat ad hoc," kata Arcandra.

Menurut pria yang menjabat Menteri ESDM selama 20 hari ini, persoalan lainnya adalah aspek hilir migas, seperti tata niaga gas bumi, harga gas dan infrastrukturnya.

Lebih jauh Wamen Arcandra memaparkan kendala lainnya, yaitu belum adanya kepastian usaha di sektor hulu migas. Misalnya kepastian perizinan dan lahan. "Minat terhadap Wilayah Kerja (WK) dan eksplorasi migas yang ditawarkan masih sepi peminat," katanya.

Arcandra juga berharap agar kegiatan hulu migas di daerah masih dipandang sebagai kegiatan pusat. "Seharusnya kegiatan tersebut dilihat sebagai bangsa," tambahnya.

Arcandra juga berharap agar pengusaha yang bergerak di sektor migas agar selalu tabah. "Saya pun pernah menjadi pengusaha di migas. Saya tabah saja. Mungkin saja, setelah saya tidak menjabat sebagai Wamen ESDM, saya kembali jadi pengusaha lagi, dan harus tabah," katanya, yang disambut gelak tawa oleh para peserta diskusi. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login