IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Anggota Komisi VII DPR : Optimalkan Pemanfaatan Gas Bumi

Anggota Komisi VII DPR : Optimalkan Pemanfaatan Gas Bumi

Written By Indopetro portal on Wednesday, 21 December 2016 | 09:24

indoPetroNews- Pemanfaatan gas bumi di Tanah Air belum maksimal. Pemerintah masih terlihat gamang untuk mengimplementasikan gas bumi yang melimpah. Untuk itu, anggota legislatif mendorong pemerintah untuk semaksimal mungkin mengoptimalkan sumber energi ini. Ada beberapa rekomendasi untuk mengatasi permasalahan dan optimalisasi manfaat ekonomi gas bumi. Apa saja strateginya?

"Melakukan percepatan pelaksanaan “blueprint” infrastruktur gas bagi Indonesia seharusnya menjadi prioritas utama (top priority) bagi pemerintahan baru," kata Ketua KomisiVII DPR RI, H. Gus Irawan Pasaribu, dalam satu diskusi pada Selasa (20/12/2016) di Jakarta. Selain itu, juga dibutuhkan pembangunan jaringan pipanisasi gas dan terminal regasifikasi.

Hal lainnya, menurut Gus Irawa, adalah mengembangkan “Mini LNG” di kawasan timur Indonesia, dengan memanfaatkan ladang-ladang gas skala kecil untuk memasok kebutuhan gas bagi power plant listrik skala kecil di pulau-pulau lintas kepulauan.

Dia juga menyarankan pemerintah untuk mengembangkan penggunaan compressed natural gas (CNG) untuk kendaraan bermotor.

"Selain dapat mengurangi subsidi juga meningkatkan kualitas udara. Penggunaan CNG telah sukses dipraktikkan di sejumlah kota di Asia seperti New Delhi, Mumbai, dan Bangkok," papar Gus Irawan.

Lebih jauh politisi Partai Gerindra ini, menyatakan bahwa gas sebagai bahan bakar transportasi juga relevan untuk sektor perkapalan.

"Melalui percepatan penerapan teknologi maju di bidang “Mini dan Micro LNG”, Indonesia dapat mengkonversi sebagian besar kapal domestik ke LNG," tandasnya. Oleh karena itu, diperlukan aksi yang terkoordinasi karena fasilitas pengisian LNG perlu didirikan di pelabuhan-pelabuhan utama. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login