IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Direktur Hulu Pertamina : Jika Tidak Lakukan Sesuatu Indonesia Terancam Krisis Energi

Direktur Hulu Pertamina : Jika Tidak Lakukan Sesuatu Indonesia Terancam Krisis Energi

Written By Indopetro portal on Monday, 19 December 2016 | 13:04

indoPetroNews- Pertumbuhan konsumsi energi dalam negeri yang terus tumbuh tidak mampu diimbangi dengan produksi minyak dan gas bumi (migas) nasional yang justru terus menurun.

Dengan kecenderungan kondisi industri migas Indonesia yang demikian, jika tidak dilakukan sesuatu, Indonesia akan mengalami krisis energi.

"Sebagai BUMN energi, Pertamina memandang kondisi ini sebagai tantangan yang dapat dibalik menjadi kesempatan untuk menjadikan Pertamina sebagai perusahaan energi nasional berkelas dunia," kata Direktur Hulu Pertamina, Syamsu Alam, dalam satu diskusi pada Jumat (16/12/2016) di Jakarta. Untuk menghadapi kondisi hulu, pengembangan dan pemanfaatan teknologi hulu merupakan kunci sukses bagi upaya menjaga pertumbuhan produksi dan penambahan cadangan migas yang sangat diperlukan untuk menjaga ketahanan dan kemandirian energi nasional.

"Ditengah penurunan produksi migas nasional, Pertamina berusaha meningkatkan produksi migas rata-rata sebesar 7% dalam delapan tahun terakhir," ungkap Syamsu. Hal tersebut merupakam hasil dari pengembangan dan pemanfaatan teknologi hulu yang tepat oleh Pertamina.

Salah satu kunci keberhasilan peningkatan produksi, imbuhnya, terletak pada pemilihan teknologi yang efektif dan tepat sehingga diperoleh hasil produksi yang optimal.

Apalagi dalam setahun terakhIr Pertamina teIah diberikan penuh oleh pemerintah untuk mengelola blok-blok migas yang masa kontraknya, sepertI BIok Siak dan Blok Mahakam.

"Ini tentu saja tantangan, seberapa besar kemampuan Pertamina untuk dapat menjaga
atau bahkan meningkatkan produksI dari blok-bIok migas yang diserahkan pengelolaannya kepada Pertamina. Penguasaan dan kemandirian teknologi hulu akan memegang peranan penting, sebagaimana yang sudah Pertamina buktikan di Blok ONWJ dan Blok WMO," tegas Syamsu. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login