IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dua BUMN Gas Qatar Merger

Dua BUMN Gas Qatar Merger

Written By Indopetro portal on Tuesday, 13 December 2016 | 21:16

indoPetroNews- Dua BUMN (Badan Usaha Milik Negara) produsen gas alam cair, Qatargas dan Rasgas, milik negara Qatar tidak lama lagi akan disatukan. Upaya merger tersebut diungkapkan oleh CEO Qatar Petroleum Saad al-Kaabi, Senin (12/12/2016) di Ibu Kota Doha, Qatar.

Kaabi mengatakan penghematan pengeluaran merupakan alasan utama dari merger dua produsen gas terbesar sedunia tersebut. Penggabungan Qatargas dan Rasgas akan menghemat ratusan juta dolar Amerika.

"Tentu saja hasil dari penggabungan ini adalah penghematan pengeluaran. Perusahaan gabungan itu akan melakukan bisnis serupa. Menggabungkan keduanya menjadi usaha memberikan Anda keuntungan lebih besar dalam pemasaran," kata Kaabi.

Qatargas merupakan penghasil gas alam cair terbesar di dunia dengan kapasitas produksi 42 juta ton setahun. Qatar Petroleum menguasai mayoritas saham, sedangkan perusahaan energi global, termasuk Total, Mitsui & Co, dan Conoco Philips memiliki sebagian kecil saham.

Rasgas mempunyai kapasitas produksi 37 juta ton per tahun. Rasgas adalah perusahaan patungan antara Qatar Petroleum dengan 70 persen saham dan 30 persen lainnya kepunyaan Exxon Mobil.

Kaabi mengakui dengan penggabungan tersebut bakal ada pengurangan tenaga kerja, tapi di sisi operasional tidak akan terganggu.

Kaabi menuturkan proses transisi menjadi satu perusahaan dengan nama Qatargas itu akan berlangsung sekitar setahun. Prosesnya bakal dimulai sebelum akhir tahun ini.

Peleburan Qatargas dan Rasgas itu bagian dari usaha Qatar untuk mengatasi defisit. Qatar tahun ini diperkirakan mengalami defisit lebih dari US$ 12 miliar, pertama dalam 15 tahun terakhir. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login