IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Faisal Basri : Pertamina Penuh Konflik dan Kepentingan

Faisal Basri : Pertamina Penuh Konflik dan Kepentingan

Written By Indopetronews on Friday, 9 December 2016 | 09:27

indoPetroNews- Dalam diskusi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), gagasan Holding Energi adalah salah satu langkah yang pada akhirnya diinginkan seperti Tamasek dan Hasanah. Kemudian akan terhindar dari campur tangan partai politik di DPR. “Pemerintah dapat leluasa mengelola BUMN tanpa bagi-bagi ke DPR,” kata pengamat ekonomi minyak dan gas bumi, Faisal Basri dalam satu diskusi pada Kamis (8/12/2016) di Jakarta.

Rasionalitasnya itulah yang menurut Faisal menjadi lemah. “Ini sekadar contoh. Sekarang Pertamina ada jabatan Wakil Direktur Utama (Wadirut). Dalam AD/ART yang baru disebutkan, ’Jika Dirut dan Wadirut berhalangan maka yang menunjuk pemimpin sementara adalah Wadirut’. Gila gak? Kayak gitu tuh Pertamina sekarang. Saya tidak mengecilkan Pertamina. Pertamina penuh dengan segala macam konflik kepentingan. Nah, kayak gini ini harus kita amankan!,” tegas Faisal.

Menurut Faisal, hal semacam itu perlu segera diselesaikan terlebih dulu. “Yuk kita fokus dulu. Kita besarkan Pertamina. Saya cinta Pertamina. Tapi kalau masalah sendiri enggak beres, bagaimana mau menjadi holding,” kata Faisal.

Lebih jauh Faisal mengutarakan bahwa setiap acara seminar yang tidak melibatkan Pertamina itu sepi. “Enggak berita. Enggak bakalan ada berita dari acara ini. Misalnya Anda bikin seminar secara bersamaan, tetapi di situ ada Pertamina maka di tempat lain itulah yang ada pemberitaannya. Itulah attitude dan corporate culture-nya, ” kata Faisal, sembari berharap Pertamina dapat menyelesaikan masalah internalnya terlebih dulu.

Disamping itu, pemerintah juga jangan terburu-buru mau mengesahkan pembentukan holding energi. "Apalagi ditargetkan pada Desember ini sudah ada yang terbentuk. Benahi dulu persoalan internal dan UU Migasnya agar nanti tidak bertabrakan atau melanggar UU Migas," harap Faisal. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login