IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Indonesia - Iran Sepakat Kelola Dua Ladang Minyak di Iran

Indonesia - Iran Sepakat Kelola Dua Ladang Minyak di Iran

Written By Indopetro portal on Thursday, 15 December 2016 | 08:34

indoPetroNews- Pemerintah Indonesia dan Iran bersepakat menjalin kerjasama dalam pengembangan energi. Utamanya minyak dan gas bumi (migas). Salah satu kerja sama yang disepakati adalah pengelolaan bersama dua ladang minyak di Ab-Teymoura dan Mansouri serta kerjasama pembangunan refinery berkapasitas 300 ribu barel. Nilai investasinya sekitar US$5 miliar.

Kesepakatan tersebut berlangsung saat Presiden Joko Widodo atau yang dikenal Jokowi bertemu Presiden Iran Hassan Rouhani dan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani. Pertemuan yang berlangsung pada Rabu (14/12/2016) di Iran. Pertemuan yang membahas kerja sama bilateral kedua negara berlangsung dalam suasana yang akrab.

"Ada satu patungan yang akan dijalankan untuk membangun refinery atau pengolahan minyak mentah menjadi minyak jadi di daerah Jawa Timur itu antara perusahaan minyak Iran dengan pihak swasta di Indonesia. Jadi bagi Indonesia ini B2B (Business to Business) menurut saya ini bagus sekali, tadi Bapak Presiden juga sangat apresiasi," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang turut mendampingi Presiden Joko Widodo.

Selama dua hari kunjungan ke negeri para Mullah tersebut, selain menyepakati kerjasama bidang migas, kedua kepala negara juga akan meningkatkan kembali nilai perdagangan yang terus mengalami penurunan selama lima tahun terakhir.

"Perdagangan antara kedua negara terus menunjukkan penurunan. Pada tahun 2015, perdagangan kedua negara hanya mencapai angka US$300 juta dan ini angka yang kalau kita bandingkan dari angka 2011, maka di tahun 2011 kita sempat mencapai nilai perdagangan US$ ,8 milyar," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi yang juga turut serta dalam rombongan Presiden.

Selain Ignasius Jonan dan Retno Marsudi, turut pula mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dan Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login