IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Inilah Keuntungan dan Kelemahan Skema Gross Split Industri Hulu Migas

Inilah Keuntungan dan Kelemahan Skema Gross Split Industri Hulu Migas

Written By Indopetro portal on Thursday, 22 December 2016 | 08:39

indoPetroNews- Rencana pemerintah untuk mengganti skema cost recovery dengan gross split dalam industri hulu minyak dan gas bumi (migas) terus disosialisasikan. Salah satu bentuk sosialisasinya adalah membandingkan keuntungan-kerugian dua macam skema tersebut. Apa saja keuntungan dan kerugiannya?

"Keuntungan skema cost recovery adalah hasil produksi diutamakan untuk mengembalikan segala biaya operasi perminyakan yang telah dikeluarkan (cost recovery)," kata Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, Rabu (21/12/2016) di Jakarta. Selain itu, POT lebih cepat.

Sedangkan kelemahan sistem ini, lanjut mantan Menteri ESDM ini, birokrasi lebih panjang karena harus ada persetujuan AFE. "Cost recovery rentan disalahgunakan dan cenderung kurang efisien karena jika terjadi kenaikan biaya maka produksi bagian pemerintah yang jauh lebih besar berkurang dari pada bagian kontraktor," papar Arcandra.

Bagaimana dengan keuntungan skema Gross Split? "Dengan tidak adanya mekanisme cost recovery maka tidak perlu ada AFE," tandas Arcandra. Disamping itu, pihak kontraktor secara otomatis akan berusaha mengoptimalkan biaya operasi terutama biaya produksi harian karena jika biaya tinggi maka bagian kontraktor yang akan turun sedangkan bagian pemerintah (PNBP) tetap.

"Split berdasarkan presentase dari produksi bruto. Selain itu lebih transparan, terutama bagi Pemda karena PNBP tidak tergantung lagi pada biaya operasi. Pada PSC standar, ada bagian GOI tetapi pada awal masa produksi GOI hanya mendapatkan FTP yang sangat kecil," ujarnya.

Dia juga menyatakan keuntungan skema gross split juga mengurangi rantai birokrasi. "Sedangkan kelemahan gross split nantinya adalah kontrol SKK Migas terhadap biaya kontraktor akan berkurang," cetus Arcandra. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login