IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Kementerian ESDM Gulirkan Insentif Fiskal dan Gross Split

Kementerian ESDM Gulirkan Insentif Fiskal dan Gross Split

Written By Indopetro portal on Thursday, 8 December 2016 | 10:22

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menawarkan insentif fiskal dan kontrak bagi hasil (production sharing contract/PSC) gross split bagi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) yang mau menggarap lapangan-lapangan migas marginal di Indonesia.

“Dalam nawacita ke tujuh, sudah dijelaskan bahwa pemerintah akan menyedakan insentif fiskal dan PSC gross split untuk lapangan marginal padat teknologi,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dalam satu diskusi pada Selasa (6/12/2016) di Jakarta.

Menurut mantan Menteri ESDM ini, dengan insentif secara fiskal yang akan diberikan sehingga lapangan yang tidak komersial menjadi komersial. Selain itu, katanya, untuk lapangan padat teknologi.

Arcandra menjelaskan, penawaran PSC Gross Split merupakan salah satu solusinya agar lapangan-lapangan marginal di Indonesia bisa dikembangkan. Dengan PSC Gross Split, memberikan keleluasaan kontraktor dalam menggunakan teknologi dengan catatan produksi yang dihasilkan sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah.

Rencana kebijakan ini pun mendapat respon keras. Salah satunya dari Ketua Bidang Energi Seknas Jokowi, Tumpak Sitorus. “Seknas Jokowi menolak tegas penerapan skema bagi hasil dengan sistem Gross Split karena bertentangan dengan Nawacita Jokowi. Ini sama saja dengan penghinaan dan pengkhianatan terhadap Presiden Jokowi,” tegasnya.

Seknas Jokowi, kata Tumpak, meminta Menteri dan Wamen ESDM tidak menjalankan kebijakan-kebijakan yang tidak sesuai dengan Nawacita Jokowi. “Kami ingin melanjutkan Pemerintahan Jokowi hingga tahun 2024 sehihgga kami ingin memastikan bahwa pembantu-pembantu Presiden sudah paham dengan langkah dan arah kebijakan Jokowi seperti tertuang dalam Nawacita,” katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login