IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Kepala BATAN : Energi Nuklir Jadi Tidak Terelakan untuk Dikembangkan

Kepala BATAN : Energi Nuklir Jadi Tidak Terelakan untuk Dikembangkan

Written By Indopetro portal on Monday, 5 December 2016 | 16:21

indoPetroNews- Menipisnya cadangan minyak bumi di Tanah Air menjadikan Energi Baru Terbarukan (EBT) makin diburu untuk ditumbuhkembangkan. Salah satu EBT yang menjadi tidak terelakan dikembangkan dalam era industrialisasi adalah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

"Nuklir tidak terelakan karena mampu mensuplai besar listrik yang sangat dibutuhkan dunia industri," kata Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Djarot Sulistio Wisnubroto kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com Senin (5/12/2016) di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Djarot memaparkan berdasarkan hasil survei, sebanyak 75,3% mendukung dikembangkannya PLTN. "Apalagi pemerintah mentargetkan 23% EBT pada 2025, yang didalamnya termasuk energy nuklir," tandas Djarot, seraya mengimbuhkan bahwa 1 unit PLTN memiliki kapasitas 14000 Mega Watt (MW).

Dia juga memaparkan salah satu keunggulan energi nuklir adalah bsa hidup terus. "Harga bahan bakarnya juga tidak berpengaruh pada harga listrik yang telah ada. Sebab harganya 6 - 8 sen per kWh", tandasnya. Disamping itu, juga
ramah lingkungan dan cocok untuk kawasan industri. Kendati demikian, kata Djarot, biaya investasi pengembangan energi nuklir sangat mahal. "1 PLTN per unit (14000 MW) berkisar Rp 50 - 70 triliun. Dan ini telah dikembangkan di
Uni Emirat Arab.

Djarot mengutarakan ada beberapa daerah yang potensial untuk dikembangkan PLTN. Diantaranya Kalimantan, Bangka dan Jepara. "Semua daerah tersebut masih dalam tahap studi tapak dan studi kelayakan," ujarnya.

Dia juga tidak mengingkari bahwa selama ini masih ada rasa ketakutan secara psikologis yang menghinggapi masyarakat Indonesia ketika berbicara untuk energi nuklir. "Kita memahami rasa psikologis tersebut," kata Djarot, sembari menambahkan bahwa BATAN terus mengedukasi dan mensosialisasikan energi nuklir kepada masyarakat sekitar dengan berbagai pendekatan yang persuasif. Karena masyarakat sekitar memang menjadi tantangan bagi BATAN. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login