IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Menteri Jonan Sanggah Gross Split Anasionalis

Menteri Jonan Sanggah Gross Split Anasionalis

Written By Indopetro portal on Tuesday, 20 December 2016 | 09:14

indoPetroNews- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan juga menepis kekhawatiran sebagian kalangan yang menuduh upaya pengimplementasian skema Gross Split dalam industri minyak dan gas bumi (migas) tidak berpihak pada industri nasional. Bahkan dianggap mematikan hak hidup industri lokal dan tidak nasionalis.

“Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) menjadi prasyarat utama bagi kontraktor migas. "Kita akan atur untuk TKDN. Jika ingin efisien, pasti menggunakan produk nasional, karena impor lebih mahal. Pemerintah akan membuat sistem yang fair. Semakin banyak TKDN yang digunakan, semakin besar split bagi kontraktor," tegas Menteri Jonan, dalam satu diskusi pada Senin (19/12/2016) di Jakarta.

Disamping itu, industri migas harus kompetitif. Kemudian Jonan membandingkan industrl migas yang dibangun bertahun-tahun dengan Facebook, yang penemunya seorang pemuda yang tidak tamat kuliah tetapi menghasilkan keuntungan yang luar biasa besar. “Salah satu perusahaan migas internasional baru setelah sekian puluh tahun baru menghasilkan keuntungan besar,” katanya.

Hal lain yang disinggung Menteri Jonan adalah soal Permen ESDM Nomor 35 Tahun 2016 tentang Pembangunan Kilang Minyak oleh Badan Usaha Swasta. Menurut Jonan, peningkatan minat investasi di hilir migas juga dilakukan dengan memberikan kesempatan pembangunan kilang oleh pihak swasta.

“Hal ini diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 146 tahun 2015. Regulasi tersebut telah diatur lebih rinci dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 35 tahun 2016. Pembangunan kilang oleh pihak swasta ini untuk menambah volume kapasitas produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional sebagai upaya mewujudkan ketahanan energi,” katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login