IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Menteri Jonan : Skema Gross Split untuk Capai Efisiensi Industri Hulu Migas

Menteri Jonan : Skema Gross Split untuk Capai Efisiensi Industri Hulu Migas

Written By Indopetro portal on Monday, 19 December 2016 | 16:26

indoPetroNews- Ada dua hal arahan Presiden Joko Widodo kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, ditengah wacana skema Gross Split yang lagi hot diperbincangkan saat ini. Apa pesannya?

"Arahan Presiden, industri hulu migas harus efisien dan kompetitif," kata Jonan dalam satu diskusi publik pada Senin (19/12/2016) di Jakarta. Oleh karena itu, pemerintah mendorong industri padat modal dan high risk ini untuk efisien.

Menteri Jonan juga menceritakan dirinya baru saja memberikan ceramah dihadapan karyawan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Ia bertanya kepada salah seorang staf SKK Migas, kalau tugas keluar kota menggunakan pesawat apa. "Kita menggunakan Garuda," kata Menteri, menirukan jawaban sang karyawan SKK Migas. Kemudian, dirinya juga bertanya lagi, kalau pergi bersama keluarga, menggunakan pesawat apa. Sang karyawan menjawab, mencari pesawat yang paling murah. "Nah, jawaban ini kan sudah jelas," kata Menteri Jonan.

Menteri Jonan menegaskan bahwa ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa kalau untuk tugas pemerintah tidak efisien tetapi kalau untuk kepentingan pribadi bisa efisien.

Jonan pun kembali menegaskan untuk segera menerapkan skema Gross Split agar industri hulu migas dapat efisien. "Pemerintah akan memberikan insentif-insentif untuk menerapkan Gross Split," tandas Jonan, sembari mengimbuhkan bahwa skema cost recovery sudah banyak ditinggalkan oleh banyak negara.

"Faktanya cost recovery tidak efisien dan target penerimaan negara tidak tercapai. Karena itu, kita ambil keuntungan saja di atas dengan menerapkan Gross Split," ujar Jonan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login