IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Pengamat : Pemerintah Terlena Tidak Lakukan Diversifikasi Energi

Pengamat : Pemerintah Terlena Tidak Lakukan Diversifikasi Energi

Written By Indopetronews on Saturday, 31 December 2016 | 10:31

indoPetroNews- Pada saat harga minyak di pasar dunia sedang murah atau tidak ekonomis serta harga Bahan Bakar Minyak (BBM) domestik relatif terjangkau oleh masyarakat, justru pemerintah lupa dan terlena untuk melakukan program diversifikasi energi.

"Boleh jadi pemerintah beralasan, buat apa melakukan diversifikasi, toh harga BBM murah," kata pengamat ekonomi Indef, Ahmad Heri Firdaus kepada indoPetroNews.com Kamis (29/12/2016) di Jakarta. Seharusnya diversifikasi segera dilakukan.

Sudah menjadi rahasia publik bahwa cadangan energi berbasis fosil makin menipis. Dunia global pun telah beranjak dan mulai beralih kiblat, dari energi fosil ke energi alternatif.

"Nanti pada tahun-tahun mendatang ketika ada kenaikan harga minyak mentah, pemerintah dapat lebih gencar melakukan diversifikasi energi," harap Ahmad. Karena insentifnya sebenarnya bermula dari sana.

Dia juga mengungkapkan, program diversifikasi energi dapat segera dioptimalkan. Misalnya, gas alam, energi surya, panasbumi, mobil listrik dan membangun infrastruktur gas, seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan lain semacamnya.

Ahmad juga mengutarakan seiring dengan naiknya harga minyak mentah di pasar dunia (US$55 per barel), pemerintah bisa mengambil manfaat dalam situasi ini.

Berbeda halnya dengan kenaikan harga BBM domestik, yang terdampak pertama kali adalah masyarakat. "Selain daya beli masyarakat akan cenderung melemah, juga akan terjadi inflasi," tutur Ahmad. Jadi manfaatnya bagi masyarakat lebih kecil dibandingkan dengan yang diterima pemerintah akibat naiknya harga minyak mentah di pasar dunia. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login