IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Pengamat : Sediakan "Karpet Merah bagi Investor Migas, Bukan Mengubah Skema Cost Recovery

Pengamat : Sediakan "Karpet Merah bagi Investor Migas, Bukan Mengubah Skema Cost Recovery

Written By Indopetro portal on Wednesday, 21 December 2016 | 09:06

indoPetroNews- Hal yang paling fundamental dalam industri hulu minyak dan gas bumi (migas) adalah upaya menjadikan produksi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di dalam negeri. Hal inilah yang sangat mendasar ketimbang menggulirkan wacana penggantian skema cost recovery dengan Gross Split.

"Menurut hemat saya yang utama itu adalah pola cost recovery sudah baik," kata Dirgo Purbo, analis energy security , kepada indoPetroNews.com Selasa (20/12/2016) di Jakarta.

Jika dilihat dari aspek energy security dan kedaulatan energi, lanjut Dirgo, dengan seringnya berubah-ubah kebijakan tentu akan menambah kebingungan pihak investor.

"Dengan kondisi yang sekarang saja masih banyak loopholes di pihak pemerintah yang belum bisa dipenuhi yang sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Banyaknya izin-izin yang menghalangi kegiatan explorasi," cetusnya. Juga koordinasi antara kementerian dan juga antara Pemerintah Daerah (Pemda) dan pemerintah pusat.

Dia menandaskan bahwa sebenarnya kehadiran perusahaan minyak untuk melakukan kegiatan EP sudah merupakan berkah yang sangat luar biasa karena bentuk investasinya berupa capital investment yang fixed dan long term. Jadi seharusnya pemerintah lebih fokus kepada upaya memfasilitasi kenyamanan bagi pihak investor, terlebih lagi yang masih eksplorasi.

Saat ditanyakan apakah skema Gross Split lebih efisien dibandingkan cost recovery, Dirgo menjawab, "Kedua skema sebenarnya baik tapi saya lebih cenderung dengan sistem cost recovery, yang memang sudah berjalan selama ini. Apakah dengan sistem Gross Split itu sudah banyak ladang minyak yang ditemukan dan akan dikembangkan?".

Menurut Dirgo, pada intinya kan cost recovery tidak sama sekali memakai dananya dari pemerintah. Jadi kenapa harus diubah-ubah skemanya.

"Kata kuncinya kalau ingin mendapatkan yang seoptimal mungkin dari migas itu ya bagaimana pemerintah memberikan "karpet merah" dalam hal kegiatan operasional perah minyak," tegas Dirgo. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login