IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertamina Gandeng Saudi Aramco Kembangkan Kilang Cilacap

Pertamina Gandeng Saudi Aramco Kembangkan Kilang Cilacap

Written By Indopetro portal on Wednesday, 28 December 2016 | 14:24

indoPetroNews- PT Pertamina (Persero) dan Saudi Aramco menjalin kerjasama membentuk perusahaan patungan guna mengembangkan kilang di Cilacap, Jawa Tengah. Apa saja poin kesepakatannya?

"Kita menandatangani kesepakatan proyek senilai US$ 5 miliar. Pertamina memiliki 55 persen. Sisa saham dimiliki Aramco," kata Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Dwi Soetjipto pada Selasa (27/12/2016) di Jakarta.

Dwi Soetjipto menjelaskan kemitraan dengan produsen minyak terbesar di dunia itu untuk menambah kapasitas Kilang Cilacap dari 348 ribu barel menjadi 400 ribu barel sehari.

Perjanjian itu awalnya ditargetkan ditandatangani bulan lalu sebab kedua pihak sudah menyepakati Head of Agreement pada 26 November 2015. Dwi mengungkapkan empat poin telah disepakati sejak akhir November lalu adalah pasokan minyak mentah, kontrol manajemen, lifting, dan valuasi aset.

Dengan kesepakatan itu, pihaknya yakin proyek bisa berjalan dan selesai pada 2021 atau lebih cepat setahun dari target semula. "Awalnya proyek ini selesai 2022 tapi dalam rapat terakhir CEO Saudi Aramco Amin Nasir menantang tim dan berkomitmen untuk menyelesaikan di 2021," ujar Dwi Soetjipto

Dia juga menjelaskan pihaknya harus memulai persiapan lahan pada 2017, dilanjutkan dengan tahap pendefinisian proyek (front end engineering design/FEED) selama setahun. Kemudian konstruksi fisik dilakukan pada 2019.

Sesuai perjanjian, Aramco bakal memasok minyak mentah hingga 270 ribu barel per hari dan sisanya 130 ribu barel disuplai Pertamina.

Melalui proyek tersebut, Kilang Cilacap diharaapkan menghasilkan tambahan produk berupa bensin sebesar 80 ribu barel, solar 60 ribu barel, dan avtur 40 ribu barel sehari dengan standar emisi Euro 5. Unit produksi bahan bakar minyak pun akan terhubung dengan unit produksi pelumas dan petrokimia. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login