IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Rahasia Dibalik Keunggulan Petronas Atas Pertamina

Rahasia Dibalik Keunggulan Petronas Atas Pertamina

Written By Indopetro portal on Thursday, 22 December 2016 | 08:44

indoPetroNews- Perusahaan minyak dan gas bumi asal Malaysia, Petroleum Nasional Berhad (Petronas), dalam sejarahnya pernah belajar ke Pertamina. Namun, kini Petronas bisa jauh melesat. Bahkan mengungguli Pertamina. Apa rahasia suksesnya?

Petronas memiliki agenda teknologi yang dipetakan terhadap strategi bisnis petronas. "Area fokus teknologi berikut Petronas terbagi 3 bidang. Pertama, Operational Excellence (OE), yakni bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi dalam bidang bisnis saat ini, misalnya: formulasi baru untuk bahan bakar dan pelumas, integritas pipa, dan lain sebagainya," kata Kepala R & D, Research & Technology Petronas, Pauziyah Abdul Hamid, dalam satu diskusi pertengahan Desember 2016 di Jakarta.

Kedua, ungkap Pauziyah, adanya competitive edge (CE). CE ini membidangi pertumbuhan dalam bidang bisnis, yang memberikan dampak tinggi pada keunggulan kompetitif saat ini, seperti CO2M, EOR, Geo-pencitraan, penghapusan merkuri. CE merupakan strategi bisnis jangka menengah (5-10 tahun). Ketiga, kata Pauziyah, konsep Future Positioning (FP). FP ini dibedakan menjadi pertumbuhan usaha bidang (1) hulu (upstream) dan (2) hilir (downstream), misalnya migas, dan energi terbarukan. FP merupakan strategi bisnis jangka panjang (sampai 2050).

Dia juga mengutarakan bahwa faktor kunci sukses Petronas, dapat ditelisik dari beberapa faktor. "Pertama, di bidang komersial adalah perencanaan awal yang matang untuk EOR (sumur, fasilitas), lingkungan PSC menarik partner bisnis. Kedua, di bidang teknis, yakni lapangan kesiapan untuk EOR mengfungsikan tenaga kerja terampil (kapasitas dan kemampuan). Ketiga, adanya proses yang terpadu untuk perencanaan dan pelaksanaan yang efisien dan komprehensif. Keempat, di bidang investasi teknologi, yakni untuk biaya dan dan kesederhanaan operasional EOR yang optimal," papar Pauziyah.

Selanjutnya, di masa mendatang, Petronas tetap menggunakan EOR dengan tujuan untuk meningkatkan cadangan dan produksi.

Petronas adalah perusahaan minyak dan gas bumi (migas) Malaysia yang didirikan pada 17 Agustus 1974. Dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah Malaysia, perusahaan ini mendapatkan hak atas seluruh sumber daya minyak dan gas di Malaysia dan diberi kepercayaan mengembangkan dan menambah nilai sumber daya tersebut. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login