IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Revisi UU Migas Harus Muat GCG

Revisi UU Migas Harus Muat GCG

Written By Indopetronews on Wednesday, 21 December 2016 | 09:37

indoPetroNews- Tata kelola minyak dan gas bumi (migas) nasional menghadapi sejumlah tantangan, salah satunya adalah tantangan aspek Good Corporate Governance (GCG).

"Aspek GCG dalam pengelolaan migas dinilai belum diterapkan dengan baik. Pengalaman di banyak negara menunjukkan, aspek transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) berbanding lurus dengan sumbangannya pada pertumbuhan ekonomi. Pengelolaan SDA yang disertai dengan transparansi dan akuntabilitas telah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat, demikian sebaliknya," kata Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo dalam sebuah diskusi pada Selasa (20/12/2016) di Jakarta.

Aspek governance merupakan masalah yang serius yang harus diterapkan dalam pengelolaan migas nasional, baik dalam birokrasi perizinan investasi migas atau pun GCG dalam tubuh BUMN pengelola migas.

"Aspek GCG harus dapat diterapkan pada seluruh komponen tata kelola migas nasional yakni pemerintah (Kementerian ESDM), Badan pelaksana yakni SKK Migas, BUMN yakni Pertamina dan perusahaan-perusahaan migas yang melakukan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi," tandas Agus.

Menurut Agus tata kelola migas nasional belum dapat mengemban apa yang diamanatkan konstitusi, salah satu tantangan serius dalam tata kelola migas adalah aspek transparansi.

"Pada masa lalu, rendahnya aspek transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan SDA migas terjadi pada BUMN, yang berdampak pada munculnya KKN. Guna menghindari KKN, maka pengelolaan SDA migas oleh Pertamina perlu dibarengi dengan penguatan aspek governance melalui tata kelola korporasi BUMN yang baik, sekaligus untuk menciptakan perusahaan yang bersih dan transparan," tegasnya. Oleh karena itu, revisi UU Migas harus harus memuat aturan soal GCG. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login