IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » SKK Migas dan Perusahaan Kontraktor Migas Harus Efisien

SKK Migas dan Perusahaan Kontraktor Migas Harus Efisien

Written By Indopetronews on Monday, 5 December 2016 | 08:58

indopetronews.com, -- Ada persepsi destruktif mengenai cost recovery selama ini. Penyebabnya, hal-hal yang tidak secara langsung berkaitan dengan operasional hulu minyak dan gas bumi (migas) dimasukkan pula ke cost recovery. Bagaimana respon pihak Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyikapinya?

“Bila saat ini masih ada hal-hal yang tidak relevan dengan operasi hulu migaskemudian dimasukkan ke biaya kantor dan menjadi beban Kontraktor Kontrak Kerja Sama Ikontraktor KKS) serta menjadi beban cost recovery mari kita hilangkan. Yang boleh menjadi biaya di kantor Kontraktor KKS hanya yang berkaitan dengan operasi perusahaan. Yang boleh masuk ke cost recovery hanya yang berhubungan dengan operasi hulu migas,” tegas Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi, pada Kamis (1/12/2016) di Jakarta.

Dampak lebih lanjut dari persepsi yang keliru tersebut, lanjut Amien, di DPR, dan di PNB Migas saat itu, dan beberapa pihak lain, terkesan bahwa cost recovery isinya pemborosan. “Kita menghitung WP&B yang akhir tahun untuk tahun berikutnya dan merevisi WP&B tengah tahun untuk mengantisipasi perubahan. Kita sudah menghitung bahwa cost recovery pada 2016 kira-kira 11,4 miliar USD, tetapi tiba-tiba ada kebijakan bahwa pokoknya tahun 2016 cost recovery 10,4 miliar USD,” paparnya.

Kendati alokasi pengeluaran dibidang General Affairs (GA) itu relatif kecil tetapi harus lebih efisien. “Kita harus pro aktif efisien. Kita harapkan juga dapat memperbaiki tingkat efisiensi di biayai GA, di masing-masing perusahaan Kontraktor KKS dan juga di SKK Migas,” tegasnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login