IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Terbentuknya Holding Energi Bisa Bawa Efisiensi

Terbentuknya Holding Energi Bisa Bawa Efisiensi

Written By Indopetro portal on Thursday, 8 December 2016 | 13:11

indoPetroNews- Pembentukan holding company dalam bidang usaha energi diyakini akan memiliki beberapa manfaat atau keuntungan pembentukan holding company. Apa saja manfaatnya?

"Kemandirian risiko. Perusahaan yang masuk dalam holding merupakan perusahaan yang berdiri sendiri dengan memiliki organisasi dan badan hukum masing-masing yang terpisah dengan induknya. Dengan keterpisahan ini, resiko, kewajiban, dan klaim dari pihak lain tidak dapat dibebankan kepada pihak lain secara langsung. Walaupun perusahaan tersebut masuk ke dalam satu grup, namun prinsip kemandirian perusahaan masing-masing tidak dapat diterobos," kata Ahmad Redi, pengajar Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara, Jakarta, dalam satu diskusi pada Kamis (8/12/2016) di Jakarta.

Manfaat lain adanya hak pengawasan yang lebih besar. "Holding company akan memiliki hak pengawasan yang lebih besar kepada anak perusahannya sehingga melalui pengawasan ini perusahaan induk akan dapat mengetahui secara jelas mengenai program dan rencana dari anak perusahaannya," kata Ahmad. Hak pengawasan ini, lanjutnya, tetap dimiliki walaupun saham yang dimiliki oleh holding company kurang dari 51% (lima puluh satu persen).

Manfaat lainnya, ungkap Ahmad, dapat melakukan pengontrolan yang lebih mudah dan cepat.

"Semua anak perusahaan dalam satu grup dapat diawasi oleh induk perusahaan karena
adanya kesatuan manajemen pengelolaan perusahaan oleh induk perusahaan," ujarnya. Hal demikian akan memudahkan kontrol serta mempercepat proses pengawasan.

Selain itu, kata Ahmad, holding juga memiliki dampak operasional yang lebih efisien.

Dalam hal divestasi saham melalui inisiatif dari perusahaan induk, anak perusahaan dapat melakukan aksi korporasi pembelian saham divestasi dibawah komando induk perusahaan, sehingga kerjasama antara anak perusahaan dalam pembelian saham divestasi dapat terjalin dengan baik.

Manfaat lainnya, lanjut Ahmad, bisa memudahkan sumber modal. "Dengan bersatunya beberapa perusahaan dalam satu grup, modal akan lebih besar dalam menjalankan operasionalisasi kebijakan yang dibuat oleh perusahaan induk," paparnya.

Selain itu sumber pembiayaan dari pihak ketiga dapat relatif mudah dicari mengingat
usaha dapat dilakukan oleh beberapa perusahaan serta jaminan pun dapat berasal dari beberapa perusahaan yang tergabung dalam grup.

Manfaat terbentuknya holding adalah adanya keakuratan keputusan yang diambil. "Keputusan yang diambil terpusat oleh perusahaam induk dengan melibatkan anak-anak perusahaan akan lebih akurat dan prospektif dibandingkan dengan kebijakan atau keputusan yang diambil secara sendiri," tandas Ahmad. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login