IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Wamen ESDM : Efisiensi Jadi Keharusan Operasional Hulu Migas

Wamen ESDM : Efisiensi Jadi Keharusan Operasional Hulu Migas

Written By Indopetro portal on Thursday, 29 December 2016 | 09:11

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) selalu berupaya untuk membenahi tata kelola usaha hulu minyak dan gas bumi (migas). Apa saja pembenahannya?

"Kita lakukan perbaikan tata kelola operasional kegiatan usaha hulu migas dengan berbagai regulasi. Ada soal regulasi perampingan dan percepatan proses perizinan," kata Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar kepada wartawan, Rabu (28/12/2016) di Jakarta.

Pihak kementerian juga mendorong optimalisasi penggunaan fasilitas bersama antar Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS)."Peningkatan efisiensi biaya operasi selalu kita tekankan," tandas mantan Menteri ESDM ini.

Lebih jauh Arcandra mengungkapkan bahwa tantangan dan permasalahan migas nasional dapat diselesaikan dengan kemauan dan kesadaran untuk mau melakukan perubahan tata kelola sektor migas sesuai visi misi Nawa Cita. “Persoalan tersebut tentunya dapat kita urai dan selesaikan, jika ada kemauan dan kesadaran untuk melakukan perubahan. Presiden dalam visi dan misinya yang tertuang dalam dokumen Nawa Cita sudah menggariskan perlunya dilakukan segera reformasi di sektor hulu migas,” paparnya.

Dia juga menandaskan bahwa transformasi sektor hulu migas yang harus dilakukan adalah transformasi migas dari komoditi menjadi lokomotif perekonomian, perbaikan tata kelola, perbaikan fiskal yang adaptif terhadap kondisi perekonomian, kemudahan perijinan, mendorong tumbuh kembangnya kapasitas nasional berupa perusahaan migas nasional yang memiliki daya saing global baik dari segi kapital, sumber daya manusia dan penguasaan teknologi, serta berkontribusi dalam kegiatan migas di dalam dan luar negeri.

“Pada intinya penyusunan tata kelola migas ini adalah bagaimana kita bisa mencari titik keseimbangan optimum dari tiga kepentingan nasional yang menjad concern kita bersama yaitu, kontribusi migas dalam menyediakan dana pembangunan, melahirkan perusahaan minyak nasional yang memiliki daya saing, dan memberikan harapan ketersediaan cadangan migas untuk generasi mendatang,” tandas Arcandra. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login