IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Wamen ESDM : Kontraktor Migas Kurang Bergairah Tanpa Insentif

Wamen ESDM : Kontraktor Migas Kurang Bergairah Tanpa Insentif

Written By Indopetro portal on Tuesday, 27 December 2016 | 11:29

indoPetroNews- Menjelang berakhirnya 2016, fluktuasi dan harga minyak di pasar global belum juga menunjukkan tanda-tanda akan segera kembali terdongkrak naik. Hingga menjelang penutupan Desember, harga minyak Brent maupun West Texas Intermediate (WTl) berada pada kisaran USS 51-52 per barel.

"Pada 2016, produksi minyak OPEC diperkirakan hanya bertambah sekitar 0,3 juta bph, yang berarti terdapat penurunan dalam suplai minyak global," kata Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar kepada sejumlah media, Sabtu (24/12/2016) di Jakarta. Berdasarkan data OPEC, pada 2016, terdapat over supply pasokan minyak dunia sekitar 1,5 juta barel per hari

Pada Akhir 2016, lanjut mantan Menteri ESDM ini, OPEC sepakat akan menurunkan produksi. "Arab Saudi diyakini akan berusaha untuk mempertahankan pangsa pasar minyaknya, terutama di Asia. Sementara, produsen minyak AS akan mencari pasardi luar AS yang bisa memberikan harga yang lebih bagus, ini membuat persaingan di pasar minyak global menjadi semakin ketat," tandasnya.

Kemungkinan pasar minyak yang dituju AS adalah Asia. "Situasi ini merugikan bagi produsen hulu migas di Asia, termasul di lndonesia. Pendapatan mereka menjadi berkurang," terangnya. Kondisi hulu migas ini pada akhirnya menimbulkan dampak turunan. Pertama, imbuh Arcandra, rendahnya harga migas akan mendorong kontraktor migas menurunkan akrovitas produksinya. Bila produksi migas turun, pendapatan pemerintah dari migas juga turun.

Kedua, lanjutnya, rendahnya produksi migas juga sebabkan stok bahan baku kilang minyak untuk produksi BBM juga berkurang. "Terpaksa impor BBM tuk penuhi kebutuhan dalam negeri," kata Arcandra, seraya mengimbuhkan tanpa insentif dari pemerintah, pihak investor/kontraktor migas akan kurang bergairah untuk melakukan kegiatan eksplorasi dan menanamkan investasinya untuk mencari cadangan migas baru. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login