IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » Wamen ESDM : Pengembangan Natuna Diputuskan Awal Januari 2017

Wamen ESDM : Pengembangan Natuna Diputuskan Awal Januari 2017

Written By Indopetro portal on Tuesday, 6 December 2016 | 13:17

indoPetroNews - Penandatanganan dan keputusan kontrak East Natuna seharusnya ditandatangani pada 14 Nopember 2016. Tetapi hingga kini belum ditandatangani. Mengapa?

"Ada beberapa term yang harus diperbaiki agar bisa win a win solution antara negara dan pihak kontraktor bukan sebaliknya hanya menguntungkan pihak kontraktor," kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, dalam sambutannya pada acara Forum Bisnis Pengembangan Migas Kawasan Natuna Untuk Kedaulatan Energi dan Bangsa pada Selasa (6/12/2016) di Jakarta. Oleh sebab itu, pihaknya berharap kepada pihak stakeholders untuk bersabar sebentar.

Arcandra mengutarakan bahwa paling cepat pengembangan East Natuna ditandatangani pada awal Januari 2017. "Insya Allah, segera ditandatangani," tegasnya.

Dia juga menandaskan bahwa East Natuna termasuk lapangan marginal. Karena itu membutuhkan teknologi yang kompleks dan baru. "Sementara di Indonesia, untuk membawa teknologi baru membutuhkan waktu hingga 5 tahun," ujar mantan Menteri ESDM ini. Sedangkan di negara lain hanya membutuhkan waktu 14 bulan untuk membawa teknologi baru.

Selain itu, ungkap Wamen, bila teknologi baru tersebut gagal dan dibiayai oleh APBN. "Ini akan jadi rumit dan umumnya akan berakhir di KPK," tandasnya.

Sementara itu, Satya W Yudha, menyatakan bahwa pengembangan East Natuna ini sudah lama sekali tetapi tidak bergerak-gerak. "Dari harga minyak mentah hingga harga minyak jatuh, pun proyek East Natuna juga belum dimulai," tutur Satya, seraya mengimbuhkan bahwa pemerintah dari Presiden SBY hingga Presiden Jokowi selalu kehilangan momentum untuk mengeksekusi pengembangan Natuna. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login