IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » 11 Variabel Gross Split untuk Dongkrak Produksi Minyak

11 Variabel Gross Split untuk Dongkrak Produksi Minyak

Written By Indopetro portal on Monday, 30 January 2017 | 18:25

indoPetroNews- Skema Gross Split diharapkan dapat mendorong meningkatnya produksi minyak di dalam negeri. Apa rasionalitasnya?

“Harapannya bisa. Karena banyak diskresi yang diberikan pemerintah dengan mempertimbangkan harga minyak, kumulatif produksi, TKDN dan lain sebagainya,” kata Kepala Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) seusai acara diskusi pada Minggu (29/1/2017) di Jakarta.

Menurut Taslim, terdapat 11 variabel dari Gross Split, yaitu; pertama dari status lapangan. Kalau kontrak kerja sama (KKS)  misalnya dari wilayah kerja yang sudah ada, tidak ada lagi plan of development (PoD) yang disampaikan maka splitnya ditambahkan untuk negara 5%. Kedua, terkait lokasi lapangan di offshore atau onshore. Kalau offshore bisa 16% tambahan insentifnya. Ketiga, kedalaman reservoir. Kalau di atas 2500 meter dapat 1%. Keempat, ketersediaan infrastruktur. Kalau di frontier dapat 2% lagi tambahannya. Kelima, kondisi reservoirnya apakah konvensional atau non konvensional (dapat 16%).

Keenam, kandungan CO2 tambahannya 2% - 4%. Ketujuh, kalau ada H2E ditambah lagi insentifnya hingga 1%. Kedelapan, kalau key performance indicators (KPI) nya lebih kecil dari 25 dapat lagi 1%. Kesembilan, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Kalau di atas 70% dapat 4%. Kesepuluh, tahapan produksinya, kalau tersier, dapat lagi 5%. Kesebelas, pertimbangan harga minyak dunia.

Lebih jauh Taslim menuturkan, dari 14 Wilayah Kerja (WK yang ditawarkan, belum ada peminatnya yang baru.”Dari 14 WK yang kemarin ditawarrkan belum ada kontrak baru. Tahun ini belum ada kontrak baru,” ujar Taslim. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login