IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Ada 29 Perusahaan Asing Kelola Migas Iran

Ada 29 Perusahaan Asing Kelola Migas Iran

Written By Indopetronews on Wednesday, 4 January 2017 | 12:13

indoPetroNews- Pemerintah Iran memastikan terdapat beberapa perusahaan asing telah dinyatakan lolos tender dalam pengelolaan sumber minyak dan gas bumi (migas). Perusahaan mana saja yang lolos?

Terdapat 29 perusahaan internasional lolos seleksi untuk dibolehkan mengikuti tender proyek minyak dan gas (migas) di Iran berdasarkan kontrak jenis baru dikenal dengan nama IPC (Kontrak Perminyakan Iran).

Mereka yang telah dinyatakan lolos, diantaranya adalah; Shell, Total (Prancis), Eni (Italia), Petronas (Malaysia), Gazprom dan Lukoil (Rusia), OMV (Austria), serta Wintershall (Jerman). Demikian berita yang dirilis oleh kantor berita Shana milik Kementerian Perminyakan Iran, pada Selasa (3/1/2017). Perusahaan lainnya yang juga dinyatakan lolos tender adalah perusahaa asal negara Spanyol, Polandia, Cina, Jepang, dan India.

Justru perusahaan minyak raksasa British Petroleum (BP) tidak masuk dalam daftar yang lolos. The Financial Times menyebutkan BP mundur karena khawatir hubungan Amerika-Serikat-Iran kembali menegang setelah presiden terpilih Donald Trump dilantik pada 20 Januari ini.

Iran berharap IPC mampu menggaet investasi asing lebih dari US$ 40 miliar sehingga bisa menggenjot produksi, setelah bertahun-tahun dikenai sanksi ekonomi oleh Barat.

Pada November 2015, negeri para Mullah tersebut telah memperkenalkan IPC untuk menggantikan sistem beli kembali. Kontrak jenis baru ini memperkecil risiko dan lebih menarik secara finansial.

Perusahaan negara National Iranian Oil Company (NIOC) menandatangani kontrak produksi minyak pertama memakai IPC Oktober setahu silam, dengan sebuah perusahaan lokal. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login